Wisata Pasirnanjung Geulis Bangkitkan Ekonomi Desa

INDAH: Suasana malam di objek wisata Pasirnanjung geulis di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung.
ISTIMEWA, INDAH: Suasana malam di objek wisata Pasirnanjung geulis di Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, berupaya memanfaatkan potensi wilayahnya untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan ekonomi lokal. Salah satu inovasi yang sedang gencar dikembangkan adalah objek wisata Pasirnanjung Geulis.

Objek wisata tersebut merupakan sebuah destinasi alam yang menawarkan pemandangan asri dan keindahan alam yang menyejukkan. Sekretaris Desa Pasirnanjung, Dani Supriadi, menyampaikan, pengembangan objek wisata merupakan bagian dari strategi pemanfaatan potensi desa.

“Kami melihat bahwa Pasirnanjung memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, khususnya dalam sektor pariwisata. Dengan wisata alam ini, kami berharap dapat meningkatkan perekonomian desa dan memberdayakan masyarakat lokal,” ungkapnya kepada Sumeks, Senin (30/9).

Baca Juga:Eni Sumarni Soroti Masalah Pinjaman dan Judi OnlineJembatan Penghubung Desa Wanajaya dan Wanasari Terancam Ambruk 

Tak hanya mengandalkan keindahan alamnya, Desa Pasirnanjung juga merencanakan pembangunan berbagai fasilitas pendukung. Salah satu proyek besar yang sedang disiapkan adalah pembangunan waterboom.

“Kami sedang merancang pembangunan waterboom sebagai daya tarik wisata baru. Lahan yang tersedia masih sangat luas, sekitar satu hektare, dan kami akan memaksimalkannya untuk menarik wisatawan,” tambah Dani.

Selain waterboom, Dani juga menjelaskan, desa akan membangun camping ground dan food courd yang akan menampung produk-produk lokal UMKM. Fasilitas tersebut diharapkan menjadi sarana yang tidak hanya mendukung sektor pariwisata, tetapi juga memberi peluang bagi para pelaku usaha kecil di desa tersebut.

“Produk-produk khas Pasirnanjung seperti keripik dan makanan kekinian yang dibuat warga akan dijual di sini. Ini tentu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal,” jelas Dani.

Dengan adanya pengembangan, diharapkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Pasirnanjung akan meningkat.

“Kami memanfaatkan lahan kosong yang ada dan berencana mengembangkan berbagai fasilitas wisata yang bisa menarik lebih banyak wisatawan. Selain itu, kami juga akan mencari sumber air artesis untuk mendukung keberadaan waterboom,” katanya.

Potensi wisata alam di Pasirnanjung Geulis memang sangat menjanjikan. Lokasinya yang strategis dan akses jalan yang baik menjadi keunggulan tersendiri.

Baca Juga:Ratusan Siswa SD Ikuti FTBI Tingkat Kabupaten Sumedang Puluhan Bayi Stunting di Cimanggung Dapat Daging dan Telur

“Alhamdulillah, akses jalan ke objek wisata ini sudah diaspal, dan saat ini statusnya sudah berubah menjadi jalan kabupaten dengan panjang sekitar 5,9 kilometer,” ujar Dani.

0 Komentar