MAN 1 Sumedang Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

KHIDMAT: Peserta Upacara Hari Kesaktian Pancasila di MAN 1 Sumedang.
KHIDMAT: Peserta Upacara Hari Kesaktian Pancasila di MAN 1 Sumedang.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – MAN 1 Sumedang melaksanakan upacara bendera di lapangan Kampus MAN 1 Sumedang, Desa Licin Kecamatan Cimalaka. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober.

Kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila berlangsung dengan tertib dan khidmat, diikuti oleh seluruh siswa, guru, TU dan pegawai MAN 1 Sumedang. Dalam upacara tersebut yang bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala MAN 1 Sumedang, Abdul Haris.

Dalam ikrar yang dibacakan, Abdul Haris mempertegas pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.

Baca Juga:DPC GRIB Jaya Sumedang Resmi Dukung Petahana Dony-FajarBLT Ringankan Beban Ekonomi Warga Desa Sukadana Cimanggung

“Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita semua bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah kekuatan pemersatu bangsa,” katanya.

Disebutkan, generasi muda harus terus menjunjung tinggi dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Hal tersebut demi menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Melalui upacara ini, MAN 1 Sumedang ingin menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila pada generasi muda. “Diharapkan, siswa-siswi MAN 1 Sumedang dapat menjadi generasi penerus yang cinta tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan,” katanya.

Upacara berlangsung dengan penuh rasa kebersamaan, mengingatkan pentingnya peran Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Serta, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme pada seluruh peserta didik MAN 1 Sumedang.

Kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan pengibaran bendera merah putih. Untuk pengibaran sendiri dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) MAN 1 Sumedang dengan sangat sigap. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan Pancasila. (bim)

0 Komentar