DPRD Minta Optimalkan Fungsi Inspektorat: Terutama Tingkat Pemerintahan Desa

DPRD Minta Optimalkan Fungsi Inspektorat: Terutama Tingkat Pemerintahan Desa
DPRD Minta Optimalkan Fungsi Inspektorat: Terutama Tingkat Pemerintahan Desa
0 Komentar

sumedangekspres – Tim dari Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang hadir di Aula Tampomas Setda dalam rangka Pengawasan Kinerja SKPD, Rabu (9/10/2024).

Pertemuan yang dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Sidik Jafar tersebut membahas anggaran tahun 2025 dimana Komisi I akan memperdalam terkait dengan program-program prioritas yang ada di SKPD mitra kerja Komisi I.

“Selaku mitra kerja (Komisi DPRD) tentunya kami sangat menyambut baik. Karena “PR” kita sangat berat di tahun 2025 ini (sebagai) RPJMD tahap pertama,” tuturnya.

Baca Juga:Tingkatkan Cakupan KIA dan IKD, Disdukcapil Kolaborasi dengan Pelaku WisataAHY Selesaikan Ujian Terbuka Program Doktoral, Hasilkan 7 Kebijakan untuk wujudkan Indonesia Emas

Dikatakan Tuti, target-target indikator makro seperti Indeks Pembangunan Manusia, angka kemiskinan dan pengangguran, laju pertumbuhan ekonomi, PDRB dan lain sebagainya sangat progresif dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kebanyakan (merupakan) mandatori dari tingkat pusat, provinsi sampai dengan kabupaten,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya memohon kepada DPRD untuk menyumbangkan pikiran dan saran terkait program prioritas untuk bersama-sama mendukung target indikator makro 2025.

“Karena pada hakikatnya, pemerintah daerah dan DPRD sama-sama ingin mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumedang yang ukurannya pada indeks indikator makro pembangunan,” kata Tuti.

Menurut Tuti, perlu kecermatan untuk menentukan program dan kegiatan Tahun 2025 yang betul-betul membidik terhadap target indikator makro kesejahteraan masyarakat.

“Kita juga telah sepakat bahwa untuk tahun 2025, kita fokuskan terhadap anggaran yang langsung membidik terhadap kesejahteraan masyarakat sehingga ada beberapa belanja penunjang yang mungkin harus kita rasionalkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sidik Jafar mengatakan, Komisi I DPRD selayaknya mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari beberapa SKPD yang menjadi mitra kerjanya.

Baca Juga:Banyak Potensi Belum Tergali, Sekda Ajak OPD Lebih Fokus Lagi Sukseskan ProgramInformasi publik Tak Sekedar Transparansi, Namun Berdampak Terhadap Kesejahteraan

“Komisi I ini tahu persis skala prioritas, termasuk target dan sasarannya. Apalagi dalam waktu dekat bagian Pemadam Kebakaran akan menjadi dinas. Maka kita harus persiapkan SDM-nya, sarana prasarananya, termasuk dana operasionalnya. Ini yang harus kita pikirkan, agar masyarakat Sumedang bisa terlindungi dan nyaman,” ujarnya.

Sidik Jafar juga meminta agar Inspektorat bisa lebih dioptimalkan perannya di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumedang, khususnya di tingkat pemerintah desa.

“Bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi bagaimana membereskan administrasi atau memberikan solusi di daerah, terutama di desa-desa yang notabene Kepala Desa ini berbagai macam latar belakang pendidikan. Jadi perlu sosialisasi pemahaman terkait administrasi di desa,” ungkapnya. (red)

0 Komentar