Ikan Nila Nirwana IV Siap Dikembangkan di Sumedang

TINGKATKAN: Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Rudi Hadian.
TINGKATKAN: Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Rudi Hadian.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Ikan nila Nirwana IV siap dikembangkan di wilayah Kabupaten Sumedang. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang Rudi Hadian, baru-baru ini.

“Untuk mendukung pengembangan ikan nila Nirwana IV, saat ini Diskanak Sumedang telah memiliki 4 paket GPS (Grand Parent Stock) ikan nila Nirwana IV,” ujar Rudi.

Dia menjelaskan, satu paket GPS ini terdiri dari 800 ekor yaitu 400 jantan dan 400 betina. “Jadi kalau 4 paket berarti sekitar 3200 ekor ikan nila Nirwana IV,” jelasnya.

Baca Juga:Ibu Hamil KEK di Sumedang Dipantau Melalui AplikasiPengamat Ade Sunarya Sebut Indikator Kesuksesan Pilkada

Dikatakan, untuk 4 paket GPS ikan Nila Nirwana IV saat ini sudah ada di Balai Benih Ikan (BBI) untuk dipijahkan menjadi Parent Stock (PS). Nantinya siap menjadi benih sebar ke masyarakat.

Disebutkan, untuk efektif penyebaran nila Nirwana IV ke masyarakat di Kabupaten Sumedang ditargetkan awal tahun 2025. Karena memang harus melalui proses pemijahan di BBI terlebih dahulu.

“Ikan nila Nirwana IV ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan nila lainnya yaitu akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru,” terangnya.

Selain itu, pertumbuhannya bisa cepat, dagingnya lebih tebal dan relatif tahan terhadap serangan penyakit dan dipastikan cocok untuk dikembangkan diwilayah Sumedang.

“Dengan dikembangkannya nila Nirwana IV di Sumedang akan turut meningkatkan produksi sektor perikanan,” tegasnya.

“Lebih jauhnya bisa mendongkrak perekonomian petani ikan yang pada gilirannya bisa meningkatkan pendapatan,” pungkasnya. (red)

0 Komentar