Santri Ponpes Al-Hikamussalafiyyah Terjun Lapangan Mengabdi ke Masyarakat

LAKSANAKAN: Para santri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah yang akan mengikuti kegiatan PPL melakukan foto bersama
ISTIMEWA, LAKSANAKAN: Para santri Pesantren Al-Hikamussalafiyyah yang akan mengikuti kegiatan PPL melakukan foto bersama.
0 Komentar

sumedangekspres, TANJUNGKERTA – Dalam rangka memeringati Hari Santri Nasional tahun 2024, Pesantren Al-Hikamussalafiyyah mengadakan program pengabdian masyarakat dengan mengirimkan santri-santrinya ke berbagai wilayah. Program pengabdian ke masyarakat tersebut dinamakan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL).

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah, KH Sa’dulloh menyampaikan program PPL tersebut merupakan program tahunan yang harus diikuti oleh santri yang duduk di kelas 12 MA Plus Al Hikam. Menurutnya, program ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara pesantren dan masyarakat serta memberikan kontribusi nyata dari para santri.

“Santri yang dikirim akan menjalani pengabdian di berbagai bidang, seperti pendidikan, pertanian, dan kegiatan sosial lainnya, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat,” ujar H Sa’dulloh, baru-baru ini.

Baca Juga:Jembatan Cinta Kecamatan Wado Rawan Potensi KeributanAntisipasi Geng Motor, Pemdes Ciawitali Bina Remaja

Dikatakan, program ini juga menjadi kesempatan bagi para santri untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di pesantren dan mendapatkan pengalaman langsung dalam melayani masyarakat.

“Kegiatan PPL ini adalah bagian dari komitmen Pesantren Al Hikamussalafiyyah dalam mendidik santri tidak hanya dalam ilmu agama, tetapi juga dalam kehidupan sosial dan kepemimpinan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” lanjut H Sa’dulloh.

Program pengabdian masyarakat ini sejalan dengan visi Pesantren Al-Hikamussalafiyyah untuk melahirkan santri yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlak karimah, berjiwa qurani, bertaqwa, dan berwawasan global.

“Pengalaman yang didapat ketika PPL diharapkan dapat memperkaya wawasan santri terhadap beragam kondisi sosial yang ada di masyarakat, menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial, serta mempersiapkan mereka menjadi pemimpin yang bermanfaat di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan PPL sekaligus Kepala MA Plus Al Hikam, Ayi Abdul Kohar mengatakan untuk tahun ini kegiatan PPL dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama khusus santri putra akan melaksanakan PPL di Kecamatan Jatigede mulai tanggal 12 Oktober sampai tanggal 11 November 2024.

Sementara untuk gelombang kedua khusus santri putri akan dilaksanakan di Kecamatan Binong Kabupaten Subang mulai tanggal 12 sampai 30 November 2024.

“Dalam menjalankan tugasnya, para santri akan bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat dan lembaga setempat untuk menjalankan berbagai kegiatan, seperti mengajar di madrasah, memberikan penyuluhan, membina anak-anak atau remaja, dan membantu dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di desa,” terangnya.

0 Komentar