Sa’dulloh: Ingin Hafalan Al-Qur’an Tetap Terjaga? Ini Caranya

Sa'dulloh: Ingin Hafalan Al-Qur'an Tetap Terjaga? Ini Caranya
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Ada beberapa cara dalam memelihara hafalan Al-Qur’an. Terpenting, dalam cara tersebut yaitu istiqomahlah dalam murojaah. Istiqomah murojaah merupakan satu-satunya cara untuk menguatkan hafalan Al-Qur’an.

Hal tersebut disampaikan KH Sa’dulloh di Hotel Grand Sunshine Resort Soreang Bandung dalam pembinaan peserta Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) yang diselenggarakan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah Jam’iyyatul Qurro Wal Huffazh (JQH), belum lama ini.

“Murojaah adalah menjaga hafalan Al-Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin atau kuat dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan para hafizh Quran,” ujar Sa’dulloh.

Baca Juga:Sumringah, Cisoka Bakal Dialiri ListrikKemendes PDTT Tinjau Desa Cantik Sukajaya Sumedang

Setelah ayat-ayat Al-Quran dihafal secara keseluruhan, hal lain yang perlu mendapat perhatian yang lebih besar adalah bagaimana menjaga hafalan tersebut agar tetap melekat pada ingatan.

“Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa penghafal Al-Quran itu ibarat berburu di hutan. Apabila pemburu ini pusat perhatiannya ke binatang yang ada di depannya, tidak memperhatikan hasil buruannya, maka hasil buruannya akan lepas pula,” jelasnya.

“Begitu juga orang yang menghafal Al-Qur’an. Kalau pusat perhatiannya tertuju hanya kepada materi baru yang akan dihafalnya saja, sedang materi yang sudah dihafal ditinggalkan, maka akan sia-sia karena hafalannya itu bisa lupa atau hilang,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut dia, ada beberapa cara dalam murojaah atau memelihara hafalan Al-Qur’an. Yang pertama, istiqomah takrir Al-Quran di dalam sholat.

“Maksudnya, orang yang sudah menghafal Al-Qur’an hendaklah mengupayakan setiap sholat wajib atau sunah selalu memakai ayat-ayat Al-Quran dari surat Al-Baqoroh sampai surat Annas secara berurutan sesuai mushaf Al-Quran,” lanjutnya.

Yang kedua, kata dia, istiqomahlah takrir Al-Quran di luar sholat. Bagi seorang yang sudah menghafal Al-Qur’an harus pandai mengatur waktu dengan sebaik-baiknya supaya bisa istiqomah dalam membaca Al-Quran. “Jadikan membaca Al-Quran sebagai kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan setiap waktu, setiap saat, dan setiap kesempatan,” paparnya.

Yang ketiga, sering-seringlah mengikuti simaan Al-Quran. Simaan maksudnya membaca Al-Quran dihadapan pendengar atau mustami’. Simaan Al-Quran harus menjadi tradisi sebagai wadah sosialisasi pentingnya umat Islam menjaga Al-Quran melalui penghafalan.

0 Komentar