Entrepreneurship Corner : Inkubator Program Kewirausahaan Mahasiswa

Entrepreneurship Corner : Inkubator Program Kewirausahaan Mahasiswa
0 Komentar

Unsur-unsur tersebut dapat digunakan secara kombinasi maupun tunggal dalam pelaksanaan aktivitas usaha. Adapun luaran kegiatan PKM-K adalah aktivitas usaha dalam bentuk aktivitas wirausaha yang dijalankan tim mahasiswa.

Selain program kewirausahaan yang diselenggarakan oleh kementerian, adapula yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) salah-satunya yaitu Program Mahasiwa Wirausaha (PMW). PMW secara umum memiliki tiga tujuan utama. Pertama membentuk karakter wirausaha mahasiswa berupa proses pengintegrasian antara hardskill dan softskill (knowledge, skill, personal quality: motivation, attitute, behaviour, traits, values) sehingga terbentuk kapasitas wirausaha. Kedua mendorong tumbuhnya wirausaha muda berbasis keilmuan.

Wirausaha muda ini diharapkan sudah memiliki bekal yang cukup berupa keterampilan dasar berwirausaha yang diperoleh melalui berbagai program kewirausahaan yang diikutinya. Ketiga adalah mendorong pembentukan dan penguatan kelembagaan pengembangan kewirausahaan khususnya di tingkat perguruan tinggi.

Baca Juga:Kedepankan Inklusivitas, Pemerintah Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi untuk Presidensi G20 Indonesia 2022Hasil Pendataan SDGs, Ciptasari Klaim Capai 100 Persen. Relawan: Proses Input Masih Terkendala Jaringan

UPI dapat menggagas dan membangun pembinaan kewirausahaan yang berkesinambungan dengan sistem pengelolaan yang terencana, sistematis dan progresif serta bersinergi dengan program pembinaan kewirausahaan nasional. Luaran dari PMW khususnya di lembaga UPI.

Pertama, adalah terbangunnya karakter dan semangat berwirausaha berbasis keilmuan. Kedua, Meningkatnya kuantitas dan kualitas mahasiswa wirausaha UPI. Ketiga, Meningkatnya unit bisnis mahasiswa yang berhasil dikembangkan di UPI.

Sejalan dengan kedua program di atas, dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan profil lulusan khususnya di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus Sumedang. Prodi PGSD juga menetapkan profil lulusannya yaitu sebagai guru SD, peneliti pendidikan bidang kesekolahdasaran, dan wirausahawan/wirausahawati bidang pendidikan kesekolahdasaran.

Hal ini didukung pula dalam struktur kurikulumnya dengan adanya mata kuliah pendidikan kewirausahaan dan kewirausahaan sosial sebagai mata kuliah keahlian inti program studi. Mata Kuliah Kewirausahaan ditujukan untuk membentuk karakter wirausaha atau minimal mahasiswa menambah pengetahuannya mengenai seluk-beluk bisnis baik dari sisi soft skill maupun hard skill sehingga mahasiswa mampu memanfaatkan peluang- peluang yang ada di sekitarnya dalam menciptakan usaha sendiri setelah lulus maupun saat masih kuliah. Adapun prestasi mahasiswa di bidang kewirausahaan yaitu adanya proposal yang lolos dan didanai baik oleh kemendikbud ataupun universitas diantaranya yaitu 1) KEWUTIS : Kerudung Wudhu Praktis Sebagai Solusi Permasalahan Wudhu di Tempat Umum, PKM/2018; 2) BUMILK (Bola Ubi Milenial Kekinian, PMW/2019); 3) Nadir Hijab : Tren Hijab Era 4.0, PMW/2019; 4) E-WRITE (Emoiton Writing Including The Theory) : Inovasi Buku Harian Belajar Abad 21 Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Ingat Materi Pembelajaran, PKM/2020; 5). Alphabets Book’s Challenges : E-book Edukasi Anak Era 5.0, PKM/2021.

0 Komentar