Dewan Sesalkan Kecerobohan Pembuat Soal UAS . Rahmat Juliadi: Bisa – bisa Mengakibatkan Salah Arti

Dewan Sesalkan Kecerobohan Pembuat Soal UAS . Rahmat Juliadi: Bisa - bisa Mengakibatkan Salah Arti
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Anggota Komisi III DPRD Sumedang Rahmat Juliadi mengaku turut prihatin dengan adanya soal Ujian Akhir Semester (UAS) Kelas 5 SD yang membingungkan.

Dalam soal tersebut, salah satu pertanyaannya tidak lengkap. Disebutkan, salah satu pertanyaan itu mencantumkan salah satu ayat Al Qur’an, yaitu surat Al – Maun ayat 4 yang harusnya dilengkapi sampai ayat ke-5. Namun, ini hanya ayat 4 saja. Ayat 4 ini ditanyakan tentang artinya.

Ayat 4 itu berbunyi ‘fa wailul lil muṣalliin’ yang memiliki arti ‘Maka celakalah orang yang shalat’.

Baca Juga:Respon Bupati Dipertanyakan. Kades: Kami Juga Punya Hak Mengelola Kawasan Wisata BurnongDishub Tindak Tegas Sopir Truk Pelanggar Batas Ketentuan Tonase di Jalan Sumedang – Wado

“Ayat keempat tersebut bila tidak disambungkan dengan ayat kelima bisa keliru, artinya menjadi ‘celakalah orang yang sholat’. Seharusnya ayat itu jangan dipotong, kecuali pakai sambungannya di ayat kelima,” ujar Rahmat.

Menurutnya, soal UAS tersebut tidak lengkap seharusnya ditulis dengan ayat kelima yaitu ‘alladziina hum ‘an ṣalaatihim saahụn’ yang artinya ‘orang-orang yang lalai terhadap salatnya’.

“Karena soal tersebut membuat para orang tua murid kebingungan. Serta, bisa berakibat fatal terhadap pemahaman siswa,” katanya.

Rahmat juga mempertanyakan pembuat soal UAS tersebut yang sangat ceroboh dan bisa mengakibatkan salah arti.

“Kenapa harus memilih ayat tersebut dengan memenggal ayatnya sampai di sana? Apakan ini unsur kesengajaan? Atau keteledoran si pembuat soal?,” tegasnya.

Rahmat meminta hal ini diklarifikasi dan ditelusuri siapa pembuat soal dan motifnya. Dinas Pendidikan harus segera menegur, membina dan kalau perlu memberikan sanksi kalau hal tersebut ada unsur kesengajaan. (kga)

0 Komentar