Wabah Kutu Serang Ikan Jatigede

Wabah Kutu Serang Ikan Jatigede
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Wabah kutu mengganggu ikan di Waduk Jatigede. Pasalnya, akhir akhir ini para nelayan Waduk Jatigede banyak mendapati ikan yang mati karena kutu.

Salah satu pemilik rakit di hamparan waduk wilayah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Iman, menerangkan, kutu-kutu yang mengganggu ikan di Waduk Jatigede itu benar adanya. Sebab, dirinya menyaksikan ikan hasil tangkapan pemancing yang ada di rakitnya ternyata dikerumuni kutu yang melekat pada tubuh ikan tersebut.

“Biasanya ikan hasil pancingan disimpan di koja yang direndamkan ke air, tapi pada saat itu ikan tidak mau diam, pas di cek ternyata dikerumunin kutu dengan jumlah yang cukup banyak,” jelas Iman, Minggu (13/6).

Baca Juga:UPI Sumedang Gelar Penyuluhan Supervisi. Prof Yudha: Proses Pembelajaran di Era Pandemi Jauh dari KriteriaCakupan Vaksinasi Covid-19 Capai 20 Persen Lebih

Selain itu, nelayan banyak mendapati bangkai ikan yang mengambang di hamparan waduk, diduga hal itu disebabkan oleh kutu-kutu tersebut.

Nelayan lainnya, Engkus menyebutkan, saat dirinya mencari udang di waduk, sambil merendamkan tubuhnya, ternyata pada bagian kakinya banyak terdapat kutu.

“Saya juga pernah mengalami, pas lagi nyari udang di kedalaman kurang lebih satu meter, ternyata kaki saya banyak dihinggapi binatang semacam kutu. Tapi pas di jemur sebentar binatang itu langsung mati dan terlepas dari kulit saya,” kata dia.

Dikhawatirkan, hama kutu tersebut juga akan merambah ke pembudidaya ikan di waduk. (eri)

0 Komentar