SMKN 1 Sumedang Terima 647 Siswa dengan 10 Kompetensi Keahlian

SMKN 1 Sumedang Terima 647 Siswa dengan 10 Kompetensi Keahlian
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Tahun ajaran 2020/2021, SMKN 1 Sumedang telah meluluskan sebanyak 671 Siswa dari sepuluh kompetensi keahlian. Sementara, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  2021/2022 SMKN 1 Sumedang menerima 647 terbagi dalam 18  Rombel dengan 10 kompetensi keahlian.

Seperti disampaikan Kepala SMKN 1 Sumedang Dra Elis Herawati MPd melalui Wakasek Bidang Kesiswaan Nono Sujana MPd kepada Sumeks, belum lama ini.

“Kami dari SMKN 1 Sumedang pada tahun ajaran 2021/2022 melaksanakan PPDB. Adapun kuota pada tahun sekarang sebanyak 647, terbagi dalam 18 Rombel dengan kompetensi keahlian 10 kompetensi keahlian,” ujar Nono.

Baca Juga:SMPN 9 Sumedang Siap Hadapi Dua AgendaTruk Besar Masih Beroperasi di Jalan Sumedang Wado

Dijelaskan, keahlian pertama Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), kedua Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), ketiga Teknik Audio Video (TAV), keempat Teknik Elektronika Industri (TEI), kelima Teknik Pemesinan (TPM), keenam Teknik Pengelasan (TPL), ketujuh Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan kedelapan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

“Keahlian kesembilan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) serta ke sepuluh 10 Seni Karawitan (SK),” jelasnya.

Dikatakan, PPDB di SMKN 1 Sumedang terbagi dua tahap. Pada tahap pertama tanggal 7 sampai dengan 11 Juni 2021.

Pada tahap pertama menerima 5 jalur yaitu diantaranya jalur afirmasi sebanyak 20 persen, jalur prioritas 10 persen serta jalur perpindahan tugas orang tua atau anak guru anak tenaga pendidik/kependidikan 5 persen.

“Kemudian, jalur prestasi raport unggulan atau persiapan kelas industri itu 35 persen dan jalur prestasi kejuaran sebanyak 5 persen,” katanya.

Sedangkan, lanjut Nono, tahap kedua nanti akan dipilih atau dilaksanakan jalur prestasi raport umum dengan jumlah 25 persen pelaksanaanya dari tangggal 25 Juni sampai dengan 1 Juli 2021.

Ditegaskan, pelaksanaan PPDB tersebut dilaksanakan secara online, baik mandiri maupun oleh sekolah asal.

Baca Juga:Kartu Tani Belum Terealisasi, Keuntungan BerkurangAsprumnas Siap Garap Program Bumi Simpati

Terkait kesiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMKN 1 Sumedang tahun ajaran 2021/2022, Nono mengatakan pihaknya sudah siap. Diawali vaksinasi tenaga pendidik dan kependidikan, sudah lebih dari 85 persen guru dan tenaga kependidikan di SMKN 1 Sumedang  telah dilaksanakan vaksinasi.

“Kemudian sarana prasarana, baik tempat cuci tangan dan kesiapan ruangan juga sudah dipersiapkan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan,” katanya.

Dijelaskan, beberapa waktu lalu SMKN 1 Sumedang juga telah membuat validasi, kesiapan data dari Kemendikbud tentang kesiapan Pembelajar Tata Muka (PTM). Baik fasilitas sarana prasarana, tenaga pendidik dan yang lainnya. (ahm)

0 Komentar