oleh

Galudra Siap Gelar Pilkades Serentak 2021

CIMALAKA – Berpedoman pada peraturan Bupati No 131 tahun 2020, Desa Galudra Kecamatan Cimalaka mulai bulan Mei 2021 sudah mulai berkemas menjalankan tahapan- tahapan Pilkades.

Hal ini disampaikan Sekretaris Desa Galudra Sandi Soleh Saepudin kepada sumedangekspres.com, Kamis (17/6).

“Dalam tahapan pemilihan kepala desa tahun 2021 di Sesa Galudra, erangkat desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), telah membentuk kepanitiaan pemilihan Kepala Desa pada bulan Mei dengan Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Dedi Junaedi. Dia memimpin delapan anggotanya seperti Sekretaris, Bendahara dan lainya,” tandasnya.

Dikatakan, tahapan selanjutnya yaitu pendaftaran yang sudah dilaksanakan, selama sembilan hari kerja dan telah ditetapkan. So Desa Galudra terdapat tiga calon Kepala Desa untuk dipilih. Yaitu, Sumpena BA, Iyek Badria Nugraha dan Toha Saeful Hadi SPd MM

“Untuk tahapan selanjutnya kami akan melaksanakan tahapan pemberian nomor calon,” tandasnya.

Terkait kegiatan yang dilaksanakan Panitia Pilkades, Sandi menyampaikan, saat ini panitia Pilkades sedang menunggu proses pencairan dana anggaran bantuan Pilkades per TPS yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sumedang. Adapun yang Pemerintah Desa anggarkan dari Dana Desa (DD) yaitu buat pengadaan Alat Pelindung Diri (APD).

“Jadi nanti di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), kami sediakan alat-alat dan obat-obatan sesuai dengan Protokol Kesehatan. Itu sudah kami sediakan dari DD,” katanya.

Sementara, terkait rencana TPS, kebetulan di Desa Galudra itu terdapat 2612 jumlah Data Pemilih Sementara (DPS). Maka, sesuai Peraturan Bupati Nomor 131 tahun 2020 maksimal per TPS itu 500 DPT.

“Oleh karena itu dari jumlah 2612 DPS, maka untuk TPS kita bagi menjadi 6 TPS. Di Dusun Galudra 4 TPS dan di Dusun Gajahdepa 2 TPS,” tandasnya.

Sandi mengimbau masyarakat Desa Galudra untuk mempergunakan hak pilihnya sebaik mungkin. Jangan sampai menyalahgunakan hak pilihnya.

“Siapapun yang nanti menang dan terpilih sebagai Kepala Desa di Desa Galudra, kami harap masyarakat tetap kondusif walaupun kepala Desa yang menang itu bukan pilihannya. Selain itu, di masa pandemi Covid -19 ini untuk masyarakat Desa Galudra protokol kesehatan 5 M itu harus tetap dilaksanakan,” pungkasnya. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *