Bupati: Warga Terpapar Covid 19 Harus Diawasi

Bupati: Warga Terpapar Covid 19 Harus Diawasi
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, monitoring PPKM bertujuan memastikan Posko Satgas Covid di tingkat kecamatan maupun desa ada dan berfungsi dengan baik.

“Mulai dari pelaksanaan 3 T (testing, tracing, dan treatmen) sampai tahap koordinasi antara pihak desa atau kecamatan dengan Puskesmas dipastikan berjalan dengan baik,” ujar Bupati saat melakukan monitoring PPKM bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Kecamatan Sukasari, Pamulihan dan Rancakalong, belum lama ini.

Dari hasil pantauan di lapangan, kata Bupati, masih banyak warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga:Vaksinasi Covid-19 Terus di Tingkatkan. Per Desa 100 OrangHUT ke 10, Forkowas Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim

“Saya menginstruksikan agar warga yang terpapar tetap diawasi secara intensif oleh Satgas Covid di kecamatan maupun desa,” ujarnya.

Dia meminta para petugas yang tergabung ke dalam Satgas, baik di kecamatan maupun desa, terus melakukan pembaharuan data warga di wilayahnya sebagai bentuk pengawasan.

“Saya inginkan pengawasan secara intensif mulai dari tingkat kecamatan maupun desa. Selain itu, data penduduk yang terpapar Covid-19 harus betul- betul update. Jangan sampai ada yang terlewat,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan, jika di suatu wilayah terdapat 10 orang atau lebih warga yang terpapar Covid-19, maka sesuai  ketentuan, warga tidak boleh ada yang keluar masuk alias dilockdown. Namun, pasokan logistiknya juga harus dijamin.

“Jumlah jiwa yang terpapar Covid-19 di tingkat RT RW akan menentukan zonasi  pemberlakuan Micro Lockdown,” ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 pemerintah membagi empat zona pengendalian wilayah persebaran Covid di masing-masing RT.

“Kalau di suatu RT/RW terpapar Covid sampai 5 orang, berarti wilayah tersebut masuk Zona Kuning. Kalau 5 sampai 10 orang Zona Oranye. Di atas 10 orang termasuk Zona Merah. Tentunya melihat situasi di lapangan. Jika ada, segera diterapkan (Micro Lockdown),” pungkas Bupati.

Baca Juga:Airlangga Hartarto Minta Kader Golkar Ikut Partisipasi Tanggulangi Covid-19HUT Bhayangkara, Polres Sumedang Salurkan Ratusan Paket Sembako ke Pesantren

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang Bambang Rianto, Forkopimcam dan perwakilan Baznas Kabupaten Sumedang

Adapun titik pemantauan diawali Posko Satgas Covid-19 Kantor Kecamatan Sukasari. Dilanjutkan ke Posko Satgas Covid-19 Desa Sukasari Kecamatan Sukasari. Lalu Kantor Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan dan Kantor Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong. (atp)

0 Komentar