Terpapar Covid 19, Wanita Hamil Lahirkan Bayi dengan Selamat

Terpapar Covid 19, Wanita Hamil Lahirkan Bayi dengan Selamat
SELAMAT: Walaupun terpapar Covid 19, wanita berinisial E warga Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo berhasil melahirkan bayinya meski sempat ditolak beberapa rumah sakit di Kabupaten Majalengka dan Indramayu.(ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKPRES.COM – Seorang Ibu hamil berinisial E warga Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo yang terpapar covid 19 akhirnya melahirkan dengan selamat, Jumat (24/6).

E yang sempat ditolak oleh beberapa Rumah Sakit karena terpapar covid 19 itu akhirnya ditangani Puskemas Tomo.

Sumeks melakukan konfirmasi kepada pihak Puskemas Tomo. Salah satu staf Puskesmas Tomo Ngurja Ujay membenarkan kabar tersebut. Diketahui E tersebut positif covid 19 beserta keluarganya.

Baca Juga:Krida Saka Wira Kartika Bentuk Generasi Penerus TangguhProgram Budidaya Ikan Pesantren Akan Diluncurkan

“Ibu hamil tersebut positif dan sempat ditolak dimana-mana. Namun, setelah berkoordinasi kepada pihak Dinkes, ibu hamil tersebut bisa ditangani di Puskemas Tomo,” jelasnya

Dikatakan, E diketahui positif saat diperiksa dan dilayani di Puskemas Tomo. Menurutnya, memang bila akan melayani pasien apabila darurat akan di swab antigen dulu.

“Setelah diketahui positif, kita menyarankan untuk mencari tempat lain. Dan, pasien mencari ke klinik persalinan yang lain. Hanya saja tidak ada yang menerima,” katanya.

Melihat kondisi demikian, kata dia, pasien dibawa lagi ke Puskesmas Tomo kembali. Akhirnya pihak Puskesmas berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Dinas Kesehatan pun mengizinkan untuk ditangani di Tomo dengan APD lengkap.

E hingga kini masih dalam perawatan oleh tenaga kesehatan dengan protokol kesehatan lengkap.

“Kabar ibu hamil positif Covid 19, kini telah ditangani perawat Puskemas Tomo. Namun perawat Puskemas Tomo juga memakai alat pelindung diri yang lengkap,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jembarwangi Pitriani Dewi membenarkan, seorang warganya telah melahirkan dengan selamat meski dalam kondisi terpapar covid 19. E dan keluarganya sendiri diketahui telah terpapar covid 19.

Baca Juga:Jadi Sukses, Butuh Proses Panjang dan LamaMenko Airlangga Apresiasi OECD Tingkatkan Investasi Energi Bersih di Indonesia

Sebelumnya, setelah diketahui terpapar covid 19 dan akan melahirkan, beberapa rumah sakit di Majalengka dan Indramayu menolak persalinan E. Bahkan, Rumah Sakit swasta pun menolak mentah-mentah persalinan karena khawatir meski telah diberikan uang muka.

“Akhirnya, kami berkoordinasi dengan Anggota DPRD Sumedang Pak Dede Suwarman agar Puskesmas Tomo mau menerima persalinan E,” jelasnya.

Dikatakan, Pak Dede pun terus membujuk dan berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Tomo agar untuk melakukan persalinan demi keselamatan ibu dan bayinya.

“Alhamdulillah, ibu dan bayinya lahir dengan selamat di Puskesmas Tomo. Kami apresiasi Puskesmas Tomo yang telah menolong warga kami yang akan melahirkan hingga akhirnya selamat meski tengah terpapar Covid 19,” ujarnya. (kga/atp)

0 Komentar