oleh

Anggaran Pilkades Serentak 2021 akan Segera Cair

SUMEDANGEKSPRES.COM – Tahapan Pilkades Serentak tahun 2021 yang diikuti sebanyak 89 desa se – Kabupaten Sumedang memasuki tahap penutupan pendaftaran beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Endah Kusyaman melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa H Nuryadin kepada Sumeks di ruangan kerjanya, Senin (29/6).

“Tahun 2021 ini yang sudah terdaftar mengikuti Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang sebanyak 380 bakal calon kades. Alhamdulilah animo masyarakat yang akan mengikuti pilkades sangat tinggi,” ucapnya.

Dikatakan, dari jumlah 89 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak, tidak ada perubahan sampai saat ini. Kurang lebih ada 21 desa yang bakal calon kadesnya lebih dari 5. Bahkan, ada juga yang bakal calon kadesnya menjadi rekor hingga mencapai 13 orang.

“Untuk desa yang balon kadesnya lebih dari 5 akan dilakukan seleksi. Itupun sesuai dengan amanat undang undang, regulasi, amanat perda dan amanat perbup. Bahwa, yang bisa lanjut mengikuti sampai ke pemilihan kepala desa adalah maksimal 5 orang. Secara otomatis dari 21 desa yang tersebar di 15 kecamatan itu akan mengikuti tahapan seleksi,” jelasnya.

Dijelaskan, seleksi para bakal calon kades adalah tugas panitia, secara regulasi akan diatur. Bilamana ada desa yang tidak sanggup/tidak siap, bisa minta bantuan ke tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten.

“Dalam minggu ini akan dilaksanakan rapat bersama panitia desa, kecamatan yang nantinya agar ada kesepakatan dalam kesiapan penyelenggaraan seleksi di masing masing desa. Mudah mudahan dalam minggu ini sudah kelihatan angka dan hasilnya,” harapnya.

Mengingat penyelenggaraan Pilkades Serental masih dalam situasi covid 19, kata dia, sehingga ada pembatasan dalam pencegahan Covid 19. Sedangkan yang sudah siap akan mengikuti seleksi calkades dari 21 desa dengan jumlah calkades sebanyak 149 orang.

“Mudah mudahan beberapa kecamatan sudah menyatakan siap, tinggal finalisasinya, minggu depan diharapkan sudah ada hasilnya. Selanjutnya, dapat diketahui siapa aja dan jumlah calkades yang dapat mengikuti tahapan selanjutnya,” terangnya.

Dikatakan, pilkades serentak sendiri akan dilaksanakan pada hari Rabu (8/9) mendatang. Pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Nopember 2021.

Terkait kendala tahapan Pilkades kata dia, hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti dan dapat diatasi dengan baik. “Untuk penyerapan anggaran Pilkades sejauh ini yang sudah cair baru mencapai 50 persen. Sisanya masih dalam proses administratif dan minggu ini bisa cair seluruhnya,” pungkasnya. (uya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *