Sampah Pinggir Jalan Membuat Kumuh

Sampah Pinggir Jalan Membuat Kumuh
KUMUH: Sampah menumpuk di pinggir jalan Lingkar Barat Jatigede. Hal itu cukup mengganggu pengendara dan warga sekitar hingga menimbulkan kesan kumuh seusai hujan. (FOTO : HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Tumpukan sampah di pinggir jalan Lingkar Barat Jatigede mengganggu kenyamanan pengguna jalan dan warga sekitar.

Meski sudah dilakukan berbagai upaya pihak pemerintah setempat, sampah terus saja menumpuk di pinggir jalan betulan Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja.

Pantauan Sumeks, sampah tersebut sempat menghilang dari pinggir jalan lingkar, setelah dibersihkan oleh warga dan pemerintah Desa Ranggon. Hal itu sudah dilakukan berulang kali, bahkan spanduk peringatan juga sempat dipasang beberapa kali.

Baca Juga:Tangani Korona, Pemkab Sumedang Tambah 120 Bed di RSUD, Sediakan RTS Sebanyak 70 Tempat TidurPelanggar Prokes Akan Disangsi 3 Bulan Penjara

Namun, kenakalan oknum masyarakat yang membuang sampah di lokasi tersebut, tidak mengindahkan himbauan yang tertulis di spanduk tersebut.

Salah satu pengguna jalan, Ferry Sukmara menyebutkan, tumpukan sampah ini sering kali mengeluarkan bau tak sedap. Hal itu mengakibatkan kurangnya kenyamanan pengendara yang melintas, apalagi setelah terguyur hujan.

“Kelihatannya seperti kumuh, kalau liat tumpukan sampah di pinggir jalan seperti ini,” kata Ferry kepada Sumeks.

Dia menilai, apalagi akses jalan tersebut merupakan perlintasan aktif yang bisa menghubungkan antar Kabupaten. Artinya, bukan hanya warga Sumedang yang melintas di jalur tersebut, sampah yang menumpuk dipinggir jalan bisa jadi penilaian negatif warga luar daerah untuk Sumedang.

“Harusnya oknum yang biasa buang sampah dipinggir jalan seperti ini ditindak tegas,” katanya. (eri)

0 Komentar