Situ Tekan Penyebaran Covid 19

Situ Tekan Penyebaran Covid 19
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Merujuk pada Intruksi Menteri Dalam Negeri No 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara tidak ada hentinya terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan 5M.

Seperti disampaikan Sekretaris Kelurahan Situ Wawan Hermawan SE MM kepada Sumeks, belum lama ini.

“Terkait dengan intruksi Mendagri tentang PPKM darurat, sebelumnya pun kami dari pihak Kelurahan Situ telah melaksanakan program PPKM mikro. Kami selalu mengimbau kepada semua Ketua RT dan ketua RW dan para kader untuk disebarluaskan kepada warga Kelurahan Situ agar senantiasa melaksanakan protokol kesehatan 5M dalam melaksanakan kegiatan perekonomian sehari-hari,” kata Wawan.

Baca Juga:Rancamulya Capai 95 Persen Input Data SDGs Desa29 RT di Tarunajaya Perang Covid 19

Ditegaskan, bersamaan diberlakukanya PPKM darurat ini tersebar berita bahwa di Kelurahan Situ itu paling banyak yang terpapar Covid -19. Hal ini dimungkinkan karena populasi penduduk di Kelurahan Situ paling banyak dibandingkan dengan Kelurahan atau Desa lain.

“Kami sesalkan adanya anggapan dari masyarakat bahwa Pandemi Covid -19 ini sudah berakhir. Mungkin dikarenakan karena pandemic Covid -19 ini sudah terlalu lama hampir setahun lebih, yang menjadikan masyarakat abai,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, masyarakat tidak lagi menjaga protokol kesehatan 5M. Akhirnya, terjadilah peningkatan yang signifikan terinfeksi Covid -19 di masyarakat.

“Ini tidak terjadi di Kelurahan Situ saja tapi di seluruh Indonesia, maka terbitlah intruksi PPKM Darurat dari Mendagri No 15 Tahun 2021,” tandasnya.

Menindaklanjuti dan mengevaluasi hal itu, lanjut dia, pihak Kelurahan Situ tidak ada kendornya terus menghimbau. Khususnya, kepada masyarakat Kelurahan Situ, kepada Ketua RT dan Ketua RW juga para kader untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M, sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan oleh Pemerintah.

“Yang pasti kami pun melaksanakan PPKM darurat ini beserta jajaran satgas covid-19 Kelurahan Situ bekerjasama dengan Puskesmas Situ melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19 dengan mendata warga yang terpapar. Kami juga melakukan pelaporan-pelaporan data ke Pemerintah Kecamatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten serta Gugus Tugas Covid 19,” tegasnya.

Wawan mengimbau warga jangan terlalu abai dan jangan berpikiran bahwa Pandemic Covid-19 ini sudah berakhir. Tetap harus menjaga Protokol Kesehatan 5M sesuai aturan dari Pemerintah.

0 Komentar