Dukung Aturan Pemerintah, Garudafood Maksimalkan Penanganan Covid-19 di Pabrik

Dukung Aturan Pemerintah, Garudafood Maksimalkan Penanganan Covid-19 di Pabrik
JALANKAN PROKES: Karyawan pulang antri di Pos Security PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk yang berlokasi di Kawasan Dwipapuri Abadi di daerah Cimanggung, Kabupaten Sumedang pekan lalu.FOTO: ENGKOS SUMEKS
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM -Seorang pria termenung di depan Pos Security sebuah pabrik. rambutnya hitam mengilat tersisir rapi. Usianya awal 50-an. Dia mengenakan celana jin, baju kanvas, sepatu gunung, dan berbincang pelan dengan petugas security di depannya.

Siang itu matahari mulai meninggi. Kepada petugas dia betanya sopan, “Jadi saya tetap harus membawa surat keterangan sehat dari klinik atau negatif antigen ya?”

“Oh ya, benar pak, mohon maaf ini kami terapkan agar kami bisa memastikan semua yang masuk ke pabrik ini dalam keadaan sehat,” kata pak Satpam, seraya tetap tersenyum ramah.

Baca Juga:Wabup Pastikan PPKMD Tingkat Desa Berjalan EfektifLuhut: Saya Minta Kapolri, Kapolda dan Jajaran Terus Lakukan Penyekatan Mobilitas Warga

Dialog singkat itu terjadi di Pos Security PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk yang berlokasi di Kawasan Dwipapuri Abadi di daerah Cimanggung, Kabupaten Sumedang pekan lalu.

Sejak diberlakukannya PPKM Darurat di Sumedang, pabrik pengolah biskuit dan minuman susu tersebut memang menerapkan aturan ketat kepada seluruh karyawan dan tamu yang datang berkunjung ke sana.

Sesuai Insteruksi Kementerian Dalam Negeri (Imendagri) nomor 15 tahun 2021, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. menerapkan protokol kesehatan ketat.

Hal itu dilakukan Garudafood sebagai dukungan terhadap aturan pemerintah dan bertujuan  meminimalisir penyebaran virus Covid-19 terutama di lingkungan industri.

Perusahaan yang berdiri di Jalan Raya Rancaekek, Desa Mangunarga, Kecamatan, Cimanggung, Kabupaten Sumedang itu berikan pengawasan kepada seluruh pekerja.

Factory Manager, Sofyan Iskandar mengatakan, standar protokol kesehatan di lingkungan Garudafood sangat diperhatikan.

“Kami siapkan alat pengecek suhu tubuh yang datanya otomatis terekam di komputer di gerbang masuk, jadi pakai sensor. Masuk ruangan nanti bisa terdeteksi suhu tubuhnya,” kata Sofyan saat ditemui di ruang lobi Garudafood, belum lama ini.

Baca Juga:DPRD Catat Sederet Kelemahan PPKM DaruratKasus Pemukulan Diduga Ada Muatan Politik. SU: Kemungkinan Bisa Terjadi, Tapi Saya Tidak Mau Berspekulasi

Sofyan mengatakan, pengecekan suhu tubuh bertujuan guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menyeleksi pekerja atau tamu yang akan memasuki lingkungan Garudafood mulai dari suhu tubuh, mengenakan masker, hingga selalu menjaga jarak.

Dalam pantauan di lokasi, selain tersedianya alat pengecek suhu tubuh otomatis di dekat gerbang masuk, terlihat di beberapa titik tersedia tempat mencuci tangan lengkap beserta sabun cair atau boks cairan disinfektan.

0 Komentar