Kelurahan Situ Tuntas Salurkan Bantuan Sosial PPKM

Kelurahan Situ Tuntas Salurkan Bantuan Sosial PPKM
DITEMUI: Kasi Sosial Kelurahan Situ Lalan Herlanto SE memberikan keterangan terkait bantuan sosial yang sudah disalurkan dari berbagai program. FOTO: AHMAD SOFA/SUMEKS
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Pemerintahan Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, berupaya mempercepat penyaluran beberapa bantuan jejaring pengaman sosial yang sudah dicanangkan dalam anggaran program Pemerintah. Seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, BST Kabupaten dan Bantuan Sapawarga.

Hal ini disampaikan Plt Lurah Situ H Kohar MAg melalui Kasi Sosial Kelurahan Situ Lalan Herlanto SE kepada Sumeks, belum lama ini.

“Alhamdulillah, bantuan jejaring pengaman sosial di saat pencegahan pandemi covid-19 sudah disalurkan di Kelurahan Situ,” ujar Lalan.

Baca Juga:Masa PPKM, Pengadilan Agama Tetap Wujudkan Pelayanan PrimaPPKM Harus Mengedukasi Masyarakat Secara Mendasar

Diantaranya, kata dia, mulai dari BST Kementerian Sosial Republik Indonesia sudah disalurkan kepada 1069 Keluarga Penerima Manfaat(KPM) berupa uang sejumlah Rp 600.000.- per KPM plus beras 10 Kg.

“Selain bantuan jenis BST dari Kemensos ada juga bantuan dari Kemensos berupa PKH disalurkan kepada 198 KPM. Kemudian. bantuan BST dari Pemda Kabupaten Sumedang yang sudah disalurkan ini sebesar Rp 200.000 dengan rincian Rp150.000 tunai dan Rp 50.000 berbentuk beras 5 Kilogram. Jadi jumlah total semuanya Rp 200.000, dan itu sudah kami salurkan kepada 35 KPM,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut dia, program vaksinasi gartis dari pemerintah sudah terlaksana dua gelombang. Untuk program awal bagi 100 orang warga dan program kedua bagi 200 orang. “Semuanya sudah dilaksanakan di Kelurahan Situ. Selanjutnya diteruskan di Puskesmas Situ,” katanya.

Lalan mengimbau masyarakat Kelurahan Situ yang menerima bantuan berupa uang tunai agar bisa memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan pokok. “Mudah- mudahan bantuan tersebut bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh semua Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” katanya.

Disamping itu, terkait dengan bantuan apabila ada masyarakat Kelurahan Situ yang merasa kurang puas dengan turunnya bantuan, pihaknya berharap jangan tanya kesana-kesini.

“Kami imbau untuk datang lansung ke Kantor Kelurahan Situ Bagian Sosial. Pintu Kami terbuka bagi warga masyarakat Situ yang mempunyai keluhan atau permasalahan di masyarakat,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar