oleh

Pangdam III Siliwangi Menaman Jagung Hibrida Bersama Bupati Sumedang

SUMEDANGEKAPRES.COM –  Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto beserta jajaran meninjau Demplot Pertanian Kodim 0610/Sumedang
di Dusun Pasir Peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Sabtu (14/8)

Dengan didampingi Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Pangdam III Siliwangi juga menaman Jagung Hibrida dan memanen Bawang Merah.

Tampak hadir Danrem 062/TN Kol. Inf. Muchidin, para Dandim wilayah Korem 062, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang Amim, unsur Forkopimcam Cimalaka serta para pengurus Persit Candra Kirana Kodam III/Siliwangi, Korem 062/Tarumanagara, dan Kodim 0610/Sumedang.

Dandim 0610 Letkol. Inf. Zaenal Mustofa mengatakan, lokasi demplot pertanian di Dusun Pasir Peusing Desa Naluk Kecamatan Cimalaka menjadi lahan yang tepat untuk penanaman jagung dan bawang.

“Kami menyiapkan
tiga lahan, lahan pertama kami tanam jagung dan bawang merah, kemudian di lahan kedua kami menanami jagung dan di lahan ke tiga sebagai lahan baru hari ini kami akan menanam jagung,” ujarnya.

Dandim menyebutkan, dari tiga lahan tersebut terdapat 23 petani baru yang diberdayakan, termasuk dari non DTKS.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa membantu masyarakat mendapat pekerjaan dan menjadi solusi di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Bupati Dony Ahmad Munir menyebutkan, Dandim 0610 Sumedang memiliki kreatifitas serta ide dan pemikiran yang bagus untuk membangun bekas Galian C menjadi lahan bermafaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah dengan adanya lahan ini, maka kita bisa membangun budaya baru dan menciptakan lapangan pekerjaan, ” ucapnya.

Bupati menjelaskan, dalam rangka program ketahanan pangan, Pemda tengah bekerja sama dengan Kodim dan Polres Sumedang memanfaatkan lahan pekarangan seefektif mungkin untuk budi daya sayuran sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan.

“Demplot pertanian ini diharapkan menjadi role model ketahanan pangan bagi daerah lain serta dapat memenuhi pangan di wilayah kita, “ungkapnya.

Bupati meyakini upaya-upaya tersebut dapat membawa manfaat dan mendukung terwujudnya ketahanan pangan di tingkat nasional.

“Pemerintah daerah akan mensupport upaya-upaya ini, termasuk dalam waktu dekat akhir tahun kami akan menyiapkan kambing untuk diternakkan kelompok tani yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Dandim yang mampu membantu masyarakat di saat kesulitan menghadapi pandemi dengan memberdayakan mereka.

“Tolong kembangkan lagi. Saya harap ada lahan-lahan lain di Sumedang sehingga masyarakat bisa memperoleh pendapatan. Adanya para kelompok tani sekarang bisa membawa keharuman bagi Sumedang, Jawa Barat bahkan Indonesia dalam terwujudnya ketahanan pangan,” pungkasnya. (rls/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *