PKMB Pelopor Siapkan Program Pendidikan Kesetaraan Tanpa Biaya

PKMB Pelopor Siapkan Program Pendidikan Kesetaraan Tanpa Biaya
Ketua Bidang Produktif, Kemitraan dan Humas PKBM PELOPOR Kabupaten Sumedang, Imam Syahrul Mubarok saat dikunjungi di kantornya. (Foto: Yoga Alkamba/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pelopor Kabupaten Sumedang, siap membantu masyarakat tidak mampu dalam memberikan program pendidikan kesetaraan secara gratis.

Ketua Bidang Produktif, Kemitraan dan Humas PKBM PELOPOR Kabupaten Sumedang, Imam Syahrul Mubarok, mengatakan, biaya sekolah kerap menjadi kendala masyarakat untuk tidak mengikuti pendidikan kesetaraan.

“Kendala biaya biasanya menjadi alasan masyarakat untuk tidak mengikuti pendidikan kesetaraan. Saya yakin sebenarnya banyak masyarakat yang membutuhkan pendidikan kesetaraan ini,” ujarnya kepada Sumeks, kemarin.

Baca Juga:7 Produk UMKM Sumedang Siap Masuk Ritel BesarDinsos Soroti Sejumlah Pelecehan Seksual yang Dilakukan Oleh LGBT

Oleh sebab itu, lanjut Imam, PKBM Pelopor memiliki salah satu program unggulan dalam pendidikan kesetaraan dengan tidak dipungut biaya apapun.

“Mengingat adanya kendala tersebut PKBM Pelopor sedang mempersiapkan program kesetaraan gratis untuk membantu masyarakat yang tidak mampu,” ungkapnya.

Tak hanya itu, alasannya membuat program tersebut juga untuk membantu masyarakat yang putus sekolah di masa pandemi. Walaupun menurutnya tingkat putus sekolah di Kabupaten Sumedang masih rendah, berbeda dengan daerah lainnya.

Salah satunya adalah calon peserta kesetaraan yang sudah mendaftar beberapa waktu lalu dalam program tersebut justru berdomisili di Jakarta.

“Ini juga untuk membantu masyarakat yang putus sekolah. Mungkin di Sumedang masih sedikit jumlahnya, tapi untuk masyarakat di luar Sumedang bisa jadi lebih banyak. Salah satu peserta kesetaraan kita bahkan ada yang bertempat tinggal di Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, Imam juga memaparkan, bahwa pihaknya tetap membutuhkan anggaran dalam mensukseskan program pendidikan kesetaraan tersebut.

Namun, ia bersama tim PKBM Pelopor tidak pernah putus asa dalam menyuguhkan pendidikan yang terbaik untuk masyarakat.

Baca Juga:Pandemi Covid 19, Rumah Sakit Harus Berikan Pelayanan TerbaikConggeang Siap Gelar PTM Terbatas

“Saya berharap, pihak-pihak terkait bisa segera mengamini niat baik kami dan membantu dengan materil maupun imateril,” tuturnya. (Mg1)

0 Komentar