UMKM, Potensi Pulihkan Ekonomi Sumedang

UMKM, Potensi Pulihkan Ekonomi Sumedang
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir membuka gerai UMKM di lobi IPP Sumedang dalam upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumedang, Senin (30/8). (Foto: SUHAYA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai memiliki potensi besar sebagai penggerak kebangkitan ekonomi di Kabupaten Sumedang, terlebih masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Salah satu ikhtiar untuk mendorong pemasaran produk UMKM, Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian bersama Forum UMKM Kabupaten Sumedang membuka Gerai UMKM Sumedang IPP (GUMASEP), Senin (30/8).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, keberadaan gerai UMKM tersebut merupakan upaya konkret Pemerintah Daerah dalam memajukan dan mengembangkan produk UMKM di Sumedang.

Baca Juga:PTM Terbatas, MTs Yasta Bunter Lengkapi Sapras ProkesPTM Harus Dilakukan Dengan Bijak

“Ini upaya konkret pemulihan ekonomi daerah agar produk UMKM terpasarkan dengan baik, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkannya. Pemerintah Daerah memberikan tempat khusus di lobby IPP Pemda,” ujarnya.

Dikatakan, ada berbagai produk unggulan UMKM Sumedang yang dipajang di Lobby IPP. Seperti makanan olahan, kerajinan, sepatu, batik dan yang lainnya. Diharapkan akan banyak yang melihat dan yang mengundang pembeli.

“Ini bentuk strategi pemasaran UMKM agar lebih mudah dilihat dan menarik pembeli,” ujarnya.

Bupati juga menyebutkan, kualitas produk UMKM di Sumedang sebenarnya tidak kalah dengan produk-produk ternama lainnya. Oleh karena itu, dia optimistis UMKM di Sumedang akan semakin maju dan tetap eksis sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

“Karena banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, saya menghimbau dan menyarankan agar menggunakan  produk UMKM Sumedang seperti terlihat di lobby IPP. Kalaupun ingin membeli lebih banyak, bisa langsung ke tempat produksinya” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati Dony mengatakan, dalam upaya mendukung UMKM di Sumedang, dirinya mengimbau kepada para ASN melalui surat edaran untuk membeli produk-produk UMKM Sumedang.

“Saya menghimbau dengan keras ASN membeli produk UMKM. Termasuk saya imbau para Camat untuk membeli produk sepatu ke Kampung Sepatu. Bahkan, saya sudah kirim surat ke IPDN agar memakai produk kaos kaki UMKM Sumedang. (uya)

0 Komentar