Pendapatan Retribusi Parkir Berlangganan Belum Optimal

Pendapatan Retribusi Parkir Berlangganan Belum Optimal
Kepala Bidang Parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Herman memberikan paparan terkait pencapaian parkir berlangganan di Kabupaten Sumedang, kemarin. (Foto: SUHAYA/ SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Kepala Bidang Parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Herman mengatakan, realisasi pendapatan parkir berlangganan hingga bulan Agustus 2021, baru mencapai 3,67 persen, atau Rp.236.460.000 rupiah dari target Rp10 Miliar.

“Untuk mencapai target parkir berlangganan, kami akan melakukan langkah – langkah atraktif yang dinilai mampu mendongkrak PAD,” katanya kepada Sumeks, Kamis (2/9).

Salah satunya akan mengefektifkan para pemilik kendaraan yang notabenenya sebagai karyawan Pemda. Mulai dari SKPD, Kecamatan hingga desa, untuk membayar parkir secara berlangganan. “Kita akan dorong Pak Sekda untuk menindaklanjutinya,” kata Herman.

Baca Juga:PPKM Level 3, Omzet Pedagang Belum MeningkatPUPR RI Segera Realisasikan 30 Rumah Korban Longsor

Bahkan, pihaknya juga akan memberdayakan para juru parkir, untuk menyosialisasikan sekaligus menawarkan kepada para pemilik kendaraan bermotor untuk dapat membayar parkir secara berlangganan, melalui kwitansi sementara.

“Nantinya uang tersebut akan disetorkan keloket pembayaran,” tuturnya.

Dari bukti pembayaran itu, nantinya akan diterima oleh konsumen berupa bukti kwitansi dan stiker.

“Bahkan kami juga sudah mengeluarkan surat edaran Bupati Sumedang, tentang parkir berlangganan yang pembayarannya secara kolektif.

“Surat itu kami tunjukan kepada perusahaan – perusahaan yang ada dikabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Kemudian, surat yang sudah didistribusi itu, sudah mulai ditindak lanjuti, dengan cara membentuk tim dalam membuat surat perintah, yang dikoordinir oleh semua pejabat eselon yang ada pada dinas perhubungan.

“Untuk mempertegas, kami melakukan sosialisasi dan langsung jemput bola ke perusahaan – erusahaan, sekaligus pelatihan parkir berlangganan secara kolektif dan ini sudah berjalan,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka pelayanan parkir berlangganan keliling, dengan mengikuti jadwal samling dan samdong.

Baca Juga:Tradisi Unik, Gantungkan Makanan Ungkapan Rasa SyukurProduk Unggulan Sumedang Akan Dipromosikan di Anjungan TMII

“Sosialisasi juga kita lakukan dengan cara memasang spanduk di semua kecamatan, dengan harapa, semua kepala desa dapat membantu dalam mendorong kebijakan parkir berlangganan ini,” ucapnya. (uya)

0 Komentar