Perbaikan Gorong-gorong Buat Macet Panjang

Perbaikan Gorong-gorong Buat Macet Panjang
Kanit Lantas Polsek Cimanggung Ipda ZU Mamonto di lokasi kemacetan saat mengatur arus lalulintas. (Foto: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Cimanggung – Jalan Raya Bandung-Garut, tepatnya Km 24 depan kawasan industri PT Dwi Papuri Abadi (Jarum Super) Desa Mangun Arga Kecamatan Cimanggung mengalami macet parah, Sabtu (11/9).

Antrean kendaraan mengular hingga puluhan meter karena adanya perbaikan saluran air atau gorong-gorong.

Proyek tersebut memakan setengah badan jalan, sehingga arus lalu lintas terganggu dari kedua sisi. Akibatnya, terjadi kemacetan panjang. Terutama, dari arah Bandung menuju Garut maupun Tasikmalaya.

Baca Juga:Selesaikan Permasalahan Jatigede, Pemkab Hanya Bisa JanjiAir PDAM Sepekan Lebih Mati di Wilayah Sumkot

Jalan Bandung-Garut merupakan jalan nasional dengan mobilitas tinggi. Proyek ini menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Untuk mengurai kemacetan, petugas dari kepolisian Polsek Cimanggung turun mengatur arus lalulintas di lokasi pengerjaan proyek gorong gorong.

“Kami melaksanakan turjali guna pemantauan, pengaturan, pengamanan pengawasan arus lalin di lokasi perbaikan pengerjaan gorong – gorong,” terang Kanit Lantas Polsek Cimanggung Ipda ZU Mamonto di lokasi kemacetan.

Menurut Mamonto, pengaturan arus lalulintas dengan cara crossing dari wilayah hukum Polsek Cimanggung ke wilayah hukum Polsek Rancaekek Kabupaten Bandung.

“Dilakukan sistem kontraplo. Untuk sementara lajur C yang dari arah Garut ke Bandung di lajur A dan B ditutup dan menggunakan lajur C. Anggota yang siaga ada tiga orang dengan pola waktu jaga, pagi, sore, saat bubaran karyawan dan itu dilakukan secara tentatif,” jelasnya.

Pelaksanaan pengerjaan itu, kata Mamonto, mulai Jumat (10/9) dan selesai dua bulan mendatang. Bagi pengendara yang lewat jalan itu harus berhati hati karena jalan menjadi sempit dan hanya bisa dilintasi satu kendaraan saja. (kos)

0 Komentar