oleh

Kantor SAR Bandung Membuka Pelatihan Potensi SAR

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cimanggung – Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air, Senin (20/9).

Kegiatan dilaksanakan mulai Senin (20/9) hingga enam hari mendatang, atau sampai tanggal Sabtu (25/9) dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

“Peserta kegiatan berjumlah 35 orang yang berasal dari 22 organisasi potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR Bandung,” terang Deden.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor SAR Bandung serta kegiatan aplikasi bertempat di waduk Jatigede.

Dijelaskan Deden, kegiatan pelatihan ini digagas dan diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) tingkat Daerah Jawa Barat dan didukung oleh Kantor SAR Bandung.

Deden juga menyampaikan sebagai sebuah instansi pemerintah yang bergerak di Bidang SAR, Basarnas bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembinaan bagi potensi SAR. Termasuk, dalam penyelenggaraan pelatihan potensi SAR yang saat ini akan dilakukan.

Basarnas, khususnya kantor SAR Bandung dengan segala keterbatasannya sangat membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak, khususnya keterlibatan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu melaksanakan operasi SAR yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan.

Kegiatan diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, khususnya di musim hujan yang di perkirakan BMKG intensitasnya cukup tinggi saat ini. “Ilmu yang sudah didapatkan nantinya bisa diimplementasikan oleh peserta di masa yang akan datang,” jelasnya.

Deden mengajak seluruh elemen masyarakat, baik instansi dan organisasi potensi SAR untuk dapat menyatukan pola pikir dan pola tindak yang dapat menghasilkan semangat kemanusiaan dan efektifitas pelayanan pencarian dan pertolongan.

“Kami sangat mengapresiasi setinggi tingginya bagi penyelenggara kegiatan, panitia serta peserta kegiatan,” paparnya.

Pembukaan dihadiri langsung oleh para pejabat di lingkungan Kantor SAR Bandung, Danramil Cimanggung, Brimob Polda Jabar, Polsek Cimanggung, Aparat Kec Cimanggung, Jabar Quick Response, Wanadri, Eiger, dan Rumah Zakat. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *