Karang Taruna Tunas Karya Bangsa Resmi Dilantik

Karang Taruna Tunas Karya Bangsa Resmi Dilantik
Anggota karang taruna Desa Cikasungka Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung melakukan foto bersama usai melakukan pelantikan. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cikancung – Karang Taruna (Katar) Tunas Karya Desa Cikasungka Kecamatan Cikancung periode 2021-2026 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Desa Cikasungka, Sabtu (25/9).

Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Bandung Yadi SP MM mengatakan tugas dan fungsi Karang Taruna adalah menyelesaikan masalah sosial dalam konteks membantu program Pemerintah.

Untuk pengurus Karang Taruna Desa Cikasungka Periode 2021-2026, dirinya berharap sesuai tugas dan fungsinya dapat membantu program pemerintah, khususnya Desa Cikasungka dalam menyelesaikan masalah sosial. Seperti pengangguran, kemiskinan, narkoba, kesenjangan sosial, dan soal Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga:Kembangkan Homestay, Dukung Desa WisataKota Kaler Prioritaskan Bangun Mental Warga

Yadi meminta, pengurus yang dilantik dapat menciptakan kemandirian pemuda di desa dan menjadi contoh bagi masyarakat dalam hal kepemimpinan, kewirausahaan, dan ekonomi produktif.

“Mereka harus menjadi teladan bagi masyarakat di wilayahnya dan pro aktif mendengarkan aspirasi masyarakat di wilayahnya,” pintanya.

Selain itu, kata Yadi, pengurus karang taruna diharapkan lebih bersinergi dengan pemerintah desa setempat dan membangun kemitraan dengan bumbes.

Yadi menyerukan, seluruh warga Karang Taruna meningkatkan peran membantu pemerintah dalam menanggulangi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Diantara tugas Karang Taruna, kata Yadi, dengan  menyelenggarakan usaha kesejahteraan sosial berupaya membantu penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

“Saat ini perkembangan Karang Taruna di Kabupaten Bandung  sangat pesat. Pemuda di kecamatan, kelurahan dan desa sangat bersemangat membentuk dan menjalankan organisasi Karang Taruna,” tuturnya.

Yadi pun menegaskan, Karang Taruna mempunyai cakupan wilayah yang sangat luas di masyarakat. Sudah saatnya organisasi ini berkiprah lebih besar lagi untuk masyarakat, khususnya membantu pemerintah menangani masalah-masalah sosial yang muncul di masyarakat, yakni mereka yang termasuk kategori PMKS atau penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Baca Juga:SMK PGRI 1 Sumedang Roll Model PTMTPackaging Tingkatkan Nilai Jual Produk

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Desa Cikasungka Yusuf Sudiono, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Bandung Yadi SP.MM, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikancung, Hilman, serta Karang Taruna desa setempat. (kos)

0 Komentar