Bupati: Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sebuah Wahana Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

Bupati: Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sebuah Wahana Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Ziarah adalah cara untuk mengenang jasa para pahlawan dan mendoakan agar arwah mereka diterima Allah SWT.

Demikian dikatakan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat menghadiri Ziarah Nasional dalam rangka memperingati HUT ke- 76 TNI Tahun 2021 tingkat Kabupaten Sumedang di Taman Makam Pahlawan Cimayor, Senin (4/10).

Acara diawali dengan Upacara Ziarah dipimpin oleh Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa sebagai Inspektur Upacara dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga oleh para peserta.

Baca Juga:Aset Bumdesma Buahdua Capai Rp 5,5 Miliar RupiahDONY: SAKIP Desa Dilatarbelakangi Tingginya Resiko Penyimpangan Dana

Bupati Dony mengatakan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan sebuah wahana bagi kita semua untuk mengingat dan mengenang jasa para pahlawan sekaligus mendoakan supaya arwahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan ziarah ini, bisa menginspirasi dan memotivasi seluruh warga bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan” ucapnya.

Dikatakan Bupati, ketika perjuangan para pahlawan dahulu melawan para penjajahan, sekarang mungkin konteksnya melawan Covid-19 sehingga semuanya bisa menjadi pahlawan dengan menjalankan Prokes 3T dan melakukan vaksinasi.

“Bagaimana nilai-nilai kepahlawanan bisa menjadi sebuah pendorong, energi dan spirit baru untuk melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mengisi kemerdekaan. Pada akhirnya bermuara meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan, peran TNI dirasakan manunggal dengan rakyat karena dibentuk dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“TNI menjadi pengisi setiap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, mengatasi kesulitan masyarakat dan membawa masyarakat ke arah kesejahteraan,” ungkapnya.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa mengatakan, pelaksanaan Ziarah Nasional dalam rangka HUT TNI adalah momentum mengintropeksi diri, belajar kepada sejarah dan mengikuti jejak-jejak pendahulu.

Baca Juga:KUR Topang Pemulihan Ekonomi Nasional, Menko Airlangga: Pemerintah Tingkatkan Plafon 2021 Menjadi Rp 285 TriliunKontingen PON Jabar Beri Kado Istimewa untuk Ridwan Kamil

“Tanpa mereka-mereka, tanpa para pahlawan tentu kita tidak bisa sampai saat sekarang ini,” ucapnya.

Oleh karenya, peringatan tersebut adalah wahana untuk meningkatkan dan  membangkitkan gairah semangat kepahlawanan untuk berjuang di masa sekarang.

“Dulu pahlawan kita berjuang memperebutkan kemerdekaan. Saat ini kita berjuang mengisi kemerdekaan sebagaimana tujuan negara yang adil makmur sejahtera masyarakatnya,” ujarnya.

Upacara Ziarah diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, TNI, Polri, ASN, Satpol PP dan organisasi masyarakat. (nur/rls)

0 Komentar