Pekan Depan, 70 Persen Vaksinasi Pamulihan Tercapai

Pekan Depan, 70 Persen Vaksinasi Pamulihan Tercapai
Kepala UPTD Puskesmas Pamulihan Dudung Supriatin saat berfoto bersama dengan staf di depan kantornya, belum lama ini. (Foto: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Pamulihan – UPTD Puskesmas Pamulihan Kabupaten Sumedang mengklaim vaksinasi hampir mencapai target Herd Immunity.

Seperti dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Pamulihan Dudung Supriatin, belum lama ini.

Menurutnya, hingga saat ini untuk vaksinasi di Kecamatan Pamulihan sudah mencapai lebih dari 60 persen.

Baca Juga:Apdesi Cimalaka Sesalkan Tanggapi Keterlambatan SiltapProgram Vaksinasi Talun capai 80 Persen

“Target sasaran di Pamulihan sekitar 21 ribu jiwa. Sekarang untuk vaksinasinya sudah tercapai lebih dari 60 persen,” kata Dudung di ruang kerjanya.

Padahal, target capaian herd immunity di tiap kecamatan ada di 70 persen dari keseluruhan jumlah penduduk.

Dudung berujar, respons warga terhadap program vaksinasi untuk mencapai herd immunity disambut sangat baik.

Dijelaskan, itu terlihat dari banyak masyarakat yang bersedia berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi, baik datang ke puskesmas atau di tiap desa.

Dudung menuturkan, untuk saat ini yang semula target sasaran setiap giat vaksinasi berjumlah 1000 kini hanya sebanyak 500 dosis saja.

“Sekarang target setiap lakukan vaksinasi itu sekitar 300 sampai 500 dosis yang tercapai karena memang sudah banyak yang di vaksin,” ucap Dudung.

Dudung menjelaskan, karena faktor sudah hampir menyeluruhnya vaksinasi warga di Kecamatan Pamulihan, sehingga penurunan jumlah dosis vaksin pun terjadi.

Baca Juga:Bukan Soal Kebocoran, Seretnya Air PDAM Kendala Klasik, Sejak DuluPDPM, Kokam dan Kodim Sepakat Jaga Kedaulatan NKRI

“Seribu vaksin itu target sekali kunjungan vaksinasi. Alhamdulillah warga antusiasnya tinggi,” kata Dudung.

Kendati demikian, Dudung menjelaskan, untuk saat ini minat warga dalam program vaksinasi memang semakin minim.

“Dulu sering tercapai sampai seribu vaksin, kalau sekarang cukup sulit. Selain karena sudah mulai pada divaksin, sisanya belum minat,” imbuh Dudung.

Dia menerangkan, meskipun warga cukup banyak yang belum berminat untuk divaksin, pihak puskesmas bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) serta perangkat dan satgas Covid-19 tingkat desa tetap gencar memberikan sosialisasi.

“Ditargetkan Minggu depan bisa terkejar 70 persen supaya herd immunity di Pamulihan dapat dicapai dengan cepat,” paparnya. (kos)

0 Komentar