Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Kering Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Kering Terbakar
0 Komentar

SUMEKS, Kota – Kebakaran lahan terjadi di Babakan Gunung Gadung, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan terbakar. Diduga, api yang berkobar di lahan milik warga bernama Yoyok, itu dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Wawan Hendra Gunawan, Komandan Regu 4 BPBD Sumedang, mengatakan kejadian tersebut terjadi pukul 10.30 dan api bisa dipadamkan sesudah dzuhur, Rabu (12/10).

“Bersumber dari aparat desa Sukajaya Gigin, melaporkan bahwa ada karhutla di Gunung Toga sehingga dikhawatirkan merembet ke pemukiman. Tim segera ke lokasi untuk melakukan penanganan,” jelasnya kepada Sumeks.

Baca Juga:Peran Perawat Puskesmas Dalam Pelayanan Keperawatan Kesehatan Jiwa Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Pelatihan CMHNNyaris Ambruk, Rumah Nena Luput Dari Bantuan Pemerintah

Tambah Wawan, lahan yang terbakar tersebut milik Yoyok yang memiliki tanah 3 Hektare namun lahan yang terbakar seluas 500 meter persegi.

“Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WIB. Sumber api diperkirakan berasal dari puntung rokok,” sambungnya.

Dengan begitu pihaknya turut mengingatkan melihat sekarang masa kekeringan dan susah air, warga diimbau untuk agar waspada apabila melihat api yang merembet segera padamkan.

Apalagi terjadi di rumah atau pemukiman segera sigap lapor ke pihak terkait seperti pemadam kebakaran ataupun pihak BPBD Sumedang. (mg2)

0 Komentar