Candi Cicalengka Banyak Dikunjungi, Namun Bukan Objek Wisata

Candi Cicalengka Banyak Dikunjungi, Namun Bukan Objek Wisata
Bukit Candi di wilayah perbatasan dua desa yakni Desa Dampit dan Tenjolaya Kecamatan Cicalengka didatangi banyak pengunjung, kemarin. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Cicalengka – Setiap pagi dan petang, tak sedikit warga Kecamatan Cicalengka sengaja ke Bukit Candi sambil berolahraga dengan berlari atau pergi menggunakan kendaraan untuk memanjakan mata, sekaligus menyantap makanan yang dijual pedagang.

Area Bukit Candi yang berada di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung selalu jadi pilihan warga untuk menikmati suasana dan pemandangan.

Jika hari libur, khususnya setiap Minggu pagi, area Bukit Candi kerap dipenuhi warga karena tak jarang sering diadakan pasar tumpah.

Baca Juga:Indonesia Masuki Fase Endemic, Menko Airlangga: Pertumbuhan Ekonomi TerjagaMuscab IX PPP, Persiapan Hadapi Agenda Besar di Tahun 2024

Sayang rasanya, Bukit Candi yang sudah banyak diketahui dan dikunjungi warga tak dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dijadikan tempat wisata atau sekadar menjadi spot kuliner rakyat.

Melalui informasi yang dihimpun Banteks, diketahui bahwa area Bukit Candi ternyata termasuk pada wilayah perbatasan Desa Tenjolaya dan Desa Dampit.

“Kita dari pihak Desa (Tenjolaya) sudah dari dulu ada keinginan untuk mengelola area (Bukit) Candi menjadi tempat wisata,” ucap Sekretaris Desa Tenjolaya Eman Sulaiman di ruang kerjanya, kemarin.

Namun, lanjut Eman, karena area Bukit Candi bukan lahan carik desa alias milik perorangan, sehingga untuk mengelola wilayah tersebut terkendala.

Eman menuturkan, kendala untuk mengelola area Bukit Candi antara lain perlu kerjasama dengan Desa Dampit, mengingat tanah tersebut merupakan wilayah perbatasan dua desa.

“Selain harus ada koordinasi dengan Desa Dampit, area (Bukit) Candi juga lahannya itu bukan milik desa tapi punya orang lain,” imbuh Eman.

Dalam penelusuran, diketahui bahwa area Bukit Candi ternyata merupakan lahan milik Lily Sumantri yang sempat menjabat sebagai Bupati Bandung periode 1969 sampai 1974 lalu.

Baca Juga:Lampu Lentera Jatuh, Satu Rumah di Mandalaherang Habis TerbakarKSL Tanggapi Isu Putri Indonesia yang Disebut Masih Keluarga Keraton

Menanggapi hal itu, Camat Cicalengka, Entang Kurnia juga mengaku, area Bukit Candi memang menjadi pilihan warga Kecamatan Cicalengka untuk sekadar menikmati suasana karena pemandangan yang disuguhkan cukup memanjakan mata hingga aktivitas berolah raga.

“Candi sejak saya tahun 2017 sampai dengan sekarang sudah ramai, sempat ditutup beberapa kali pada waktu Covid-19 lagi tinggi,” kata Entang melalui pesan singkat, Rabu (20/10).

Entang menyampaikan, untuk menjadikan Bukit Candi sebagai tempat wisata sudah menjadi keinginannya sejak awal menjabat.

0 Komentar