Pilkades Siap Dilaksanakan, Logistik Akan Dijaga Ketat

Pilkades Siap Dilaksanakan, Logistik Akan Dijaga Ketat
Salah seorang panitia Pilkades Serentak Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja sedangng mengecek logostik (Foto: Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Darmaraja – Sehari menjelang pelaksanaan Pilkades serentak, sejumlah aparat keamanan di tiap desa yang melaksanakan pemilihan dipastikan menjaga logistik penunjang pemungutan suara dengan ketat.

Seperti halnya di Desa Cieuteung Kecamatan Darmaraja, yang sudah mencapai 99 persen, panitia tinggal penyaluran logistik ke tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setelah melakukan proses yang cukup panjang, alhamdulilah kami selaku panitia sudah siap untuk melaksanakan pilkades serentak, untuk logistik kita akan sebarkan ke 8 TPS satu hari sebelum pemungutan suara digelar,” kata Wakil ketua panitia pilkades, Tajudin, menuturkan kepada Sumeks, Senin (25/10).

Baca Juga:Bawaslu: Money Politic Pilkades Lebih Berbahaya dari Pemilu dan PilkadaAnak Jalanan Harus Ditangani Oleh Banyak Pihak

Bahkan pihaknya memastikan, logistik akan disalurkan dengan pengawalan yang ekstra ketat, termasuk penjagaannya sampai logistik tersebut digunakan pada waktunya.

Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.588 orang, pihaknya memiliki target minimal 75 persen masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya.

“Kita targetkan paling minim 75 persen, tapi sebisa mungkin harus di atas 75 persen, karena kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan jumlah partisipasi ini, mulai dari sosialisasi sampai edukasi,” katanya.

Meskipun mayoritas penduduk di desa Cieunteung sebagai perantau, namun tidak menyurutkan partisipasi warga
untuk menyalurkan hak suaranya pada momen Pilkades. “Masyarakat yang ada diperantauan akan pulang untuk menyalurkan hak pilihnya,” tutur Tajudin.

“Bahkan biasanya kalau pilkades lebih tinggi jumlah partisipasinya dibandingkan dengan pemilu lainnya,” katanya lagi.

Tajudin berharap, proses pilkades yang tinggal satu langkah lagi mendapat dukungan dari berbagai pihak, agar semua bisa berjalan sukses.

“Dukungan dari masyarakat sangat menunjang kesuksesan pilkades,” katanya

Lebih jauh Tajudin menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan alat kesehatan untuk menunjang protokol kesehatan.

Baca Juga:Talun Laksanakan Penanaman 100 Pohon Di Bantaran Cipeles.‘Wakepo’ Permudah Pelayanan dan Informasi Berbasis WA

“Ditengah pandemi, kita juga perketat proses pemungutan suara dengan prokes, disini kita sudah siapkan alat-alat kesehatan mulai dari handsaitaizer, termo gen, dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya,” kata dia. (eri)

0 Komentar