Musim Penghujan, Warga Desa Sindanggalih Bersihkan Lingkungan

Musim Penghujan, Warga Desa Sindanggalih Bersihkan Lingkungan
Warga masyarakat Desa Sindulang bergotong-royong membersihkan Sungai Citarik pada musim penghujan ini. (Foto: Engkos Koswara/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cimanggung – Menghadapi musim penghujan, warga Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung melaksanakan gotong royong membersihkan saluran air Sungai Citarik.

Hal itu sebagai salah satu upaya antisipasi terjadinya banjir di musim hujan.

Kepala Desa Sindulang Ujang Supriatna menginisiasi kegiatan ini sehingga menggerakkan masyarakat untuk sadar menjaga kebersihan lingkungan. Harapannya, lingkungan sehat akan berdampak kepada kesehatan masyarakat.

Baca Juga:Operasi Zebra Lodaya 2021, Kapolres Yakin Capai TargetWaspada! Demam Berdarah Semakin Merajalela

“Alhamdulillah antusias masyarakat mayoritas petani yang kebetulan masih belum mengerjakan pekerjaan di sawah. Dengan modal makan bersama setelahnya, kekompakan masyarakat patut diapresiasi,” terangnya.

Ia mengatakan budaya leluhur negara ini adalah gotong royong. Dengan cara itu pihaknya ingin mewujudkan lingkungan yang bersih. Apalagi sekarang akan menghadapi hujan, kegiatan ini untuk mengantisipasi banjir.

Dikatakan, dengan datangnya musim penghujan, maka perlu adanya kerja bakti untuk memperbaki saluran-saluran pembuangan air atau yang sering dilalui air dari pekarangan dan rumah warga.

Biasanya air yang tidak teratur akan membeludak ke jalan dan itu bisa menggerus rabat jalan yang selama ini dibangun sehingga menjadi cepat rusak.

“Dengan cara itu kami ingin mewujudkan lingkungan yang bersih. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, untuk mengantisipasi banjir,” ucapnya.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah kerja bakti guna menciptakan lingkungan yang asri, serta membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat. (kos)

0 Komentar