Jangan Dibuang! Ini Manfaat dari Kulit Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang. (Ilustrasi/Wikipedia)
Bawang. (Ilustrasi/Wikipedia)
0 Komentar

Berikut ini adalah cara untuk mengolah dan menggunakan kulit bawang hingga mendapatkan manfaat kulit bawang secara maksimal.

Manfaat Teh Kulit Bawang

Cara termudah untuk menuai manfaat kulit bawang adalah melalui teh. Kulit bawang kaya akan berbagai vitamin seperti E dan C, ditambah asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. Faktanya, kulit bawang mengandung quercetin lebih tinggi daripada daging.

Tambahkan kulit bawang yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam teh hijau Anda saat diseduh. Menurut sebuah penelitian, hal itu dapat membantu meningkatkan bioavailabilitas epikatekin—senyawa bermanfaat utama, seperti EGCG, dalam teh hijau. EGCG dapat memerangi peradangan, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu melawan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga:Bandar Narkoba Tabrak Polisi, Mobil Dibiarkan Begitu SajaBentrok Antar Ormas, Tiga Orang Mengalami Luka Luka

Keripik bawang

Anda bisa mengolah kulit bawang putih menjadi keripik. Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space berbagi resep menggiurkan untuk keripik bawang putih di halaman Instagramnya.

Dia merekomendasikan untuk memasukkan kulit bawang putih ke dalam minyak zaitun, menaburkannya dengan sedikit garam, dan memanggangnya selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai berubah menjadi “keripik” yang renyah dan renyah.

Anda dapat mencampurnya ke dalam salad atau menaburkannya di mana pun Anda membutuhkan penambah rasa (dan kerenyahan).

Bawang panggang

Selain itu Anda bisa memanggang bawang putih bersama dengan kulitnya. Setiap pecinta bawang putih akan memberi tahu Anda bahwa bawang putih panggang adalah makanan yang sangat lezat. Kulit membuat bawang putih tetap lembut, berkontribusi pada rasa, dan memastikan Anda mendapatkan nutrisi bermanfaat yang ditemukan di kulit.

Tambahan gizi pada nasi

Campurkan beberapa kulit bawang saat memasak nasi untuk menambahkan vitamin ekstra. Pastikan untuk membiarkannya terendam saat nasi dimasak. Cukup buang kulitnya setelah dimasak.

Penambah rasa dan aroma

Meskipun setiap jenis kulit memiliki kegunaannya sendiri, Anda juga dapat menggabungkannya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Tambahkan kulit bawang ke dalam sup untuk aroma dan rasa yang lebih sedap. Bawang putih dan bawang bombay adalah bahan dasar kebanyakan sup, tetapi mengapa tidak menggunakan kulitnya juga? Ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga menambahkan nutrisi kulit ke dalam makanan Anda. Namun, pastikan untuk menyaring kulitnya sebelum makan.

0 Komentar