Jangan Dibuang! Ini Manfaat dari Kulit Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang. (Ilustrasi/Wikipedia)
Bawang. (Ilustrasi/Wikipedia)
0 Komentar

SUMEKS – Bawang putih dan bawang bombay merupakan salah dua bumbu dapur yang tidak pernah luput dari rutinitas memasak. Biasanya orang mengupas bawang sebelum diolah dan membuang kulitnya. Namun, ternyata kulit bawang juga memiliki banyak manfaat.

Dari penampakannya, kulit bawang putih dan bombay memang tampak kotor dan tidak menggugah selera. Tekaturnya yang menyerupai kertas memang sulit dikunyah dan seringkali membuat tersedak.

Tapi, tekstur tersebut tercipta karena kulit bawang putih dan bombay kayak akan kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Baca Juga:Bandar Narkoba Tabrak Polisi, Mobil Dibiarkan Begitu SajaBentrok Antar Ormas, Tiga Orang Mengalami Luka Luka

Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen.

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Tidak hanya itu, kulit bawang juga memiliki khasiat luar biasa untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Hasil Penelitian

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka bisa memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda berkat teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal ini dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas, dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meskipun kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba. Dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan karena kandungan triptofan dalam teh kulit bawang dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga:Dodi: Posisi MUI Sudah KuatMinibus Oleng Tabrak Motor

Jika  menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, Anda mungkin dapat benar-benar mengoptimalkannya sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

0 Komentar