Ajaib! Ini Manfaat Buah Salak

Foto : Istimewa/Dokumen Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian
Foto : Istimewa/Dokumen Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian
0 Komentar

SUMEKS, Jakarta – Buah salak, sering dipandang remeh karena kurang populer manfaat dan khasiatnya seperti buah yang lain, padahal buah yang memiliki kulit bersisik dengan daging berwarna putih ini kaya akan kandungan gizi dan nutrisi.

Dalam satu butir buah salak mengandung 3,9 mg zat besi, 0,2 mg vitamin B2, 8,4 mg vitamin C, 12,1 g karbohidrat dan lainnya.

Salah satu jenis varietas salak yang paling populer adalah salak pondoh, rasanya lebih manis dari salak dengan varietas lain.

Baca Juga:BTS Berhasil Raih Penghargaan Artist of The Year di AMA 2021Insomnia? 5 Makanan Ini Bisa Buat Kamu Tidur Lebih Nyeyak

Selain rasanya yang enak, Salak juga memiliki banyak khasiat, antara lain seperti dikutip laman Healthbenefitstimes.

1. Obat Mata
Menurut penelitian para ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini sangat efektif bagi yang ingin menjaga mata tetap sehat.
konsumsi secara rutin untuk mendapatkan jumlah beta karoten sesuai kebutuhan.

2. Baik untuk Perut
Kandungan salak yang padat nutrisi, seperti kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta-karoten, membuat salak sangat baik untuk menjaga kesehatan bagi tubuh manusia. Tanin bersifat anti diare, sehingga salak membantu menyembuhkan diare. Selain itu salak mengobati gangguan pencernaan pada lambung. Untuk mencegah sembelit, Lebih baik mengonsumsi salak beserta kulit arinya.

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Salak terdiri dari kandungan potasium yang baik yang membuat jantung sehat.Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu dalam pengaturan air di dalam tubuh.

6. Menyembuhkan Rabun Jauh
Penglihatan yang tajam tidak bisa  hanya mengatasinya dengan menggunakan manfaat vitamin A. Vitamin A hanya meningkatkan ketajaman melihat terang dan gelap (rabun senja). Gangguan rabun jauh bukanlah masalah pada retina mata, tetapi sumbunya memendek, sehingga perlu juga mengkonsusmsi obat-obatan.

0 Komentar