Tekad Yang Kuat, Bisa Mendorong Petani Jadi Sukses

Tekad Yang Kuat, Bisa Mendorong Petani Jadi Sukses
Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Sutrisno,S.E.,M.si saat meninjau langsung kelompok ternak di Desa Ganjaresik, Kecamatan Wado, baru baru ini. (Foto: Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Wado – Anggota Komisi IV DPR RI Dr. H. Sutrisno,S.E.,M.si menilai, Desa Ganjaresik merupakan wilayah yang terletak pada dataran tinggi. Sehingga diareal tersebut tidak banyak jenis pertanian pangan, namun sangat melimpah jenis pertanian holtikultura seperti palawija, sayuran dan kopi.

Dengan demikian, pihaknya optimis dengan potensi petani yang ada di Desa Ganjaresik, dapat berpenghasilan layak, bahkan bisa lebih unggul.

“Saya baru pertama kali kesini, dengan begitu saya harus pemetaan dulu dan menampung aspirasi dari para petani. Hanya saja terlihat bahwa disini mayoritasnya petani palawija,” katanya saat kunjungan ke Desa Ganjaresik Kecamatan Wado, baru baru ini.

Baca Juga:Bupati Bandung Wajibkan Lagu Indonesia Raya Bergema Setiap PagiSatu Rumah Milik Guru di Mulyasari Hangus Terbakar, Merugi Ratusan Juta

Sementara itu, Sutrisno menyampaikan lika para petani harus lebih bersungguh-sungguh dalam pengelolaan lahan pertaniannya. Sebab, dari pengelolaan tersebut dapat membuahkan hasil yang maksimal, asalkan petaninya kreatif dan rajin.

“Langkah awal untuk menjadi petani sukses, harus ada keseriusan dalam pengelolaan pertaniannya,” ungkapnya.

Disinggung masalah permodalan, Sutrisno memotivasi para petani, bahwa saat ini masalah permodalan sangat mudah, sebab pemerintah melalui perbankan sudah menyediakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurutnya, lanjut  Sutrisno, dengan memanfaatkan jasa keuangan tersebut, maka peluang petani untuk sukses akan lebih besar. Dengan ikut program tersebut juga para petani tidak akan terbebani dengan angsuran yang bunganya tinggi.

“Untuk permodalan saat ini pemerintah sudah mempermudah melalui program KUR,hal itu bisa dimanfaatkan petani kalau memang membutuhkan modal dalam usaha taninya,” terangnya.

Hanya saja, para petani harus benar-benar menggunakan uang pinjaman tersebut untuk modal usaha, jangan sampai pinjam uang tapi disalah fungsikan.

“Tapi awas, jangan sampai pinjam modal tapi dipakai untuk yang lain-lain, dampaknya akan fatal, bukan sukses malah akan menjadi beban dalam kehidupan karena terlilit hutang,” ungkapnya.

Baca Juga:Belum Sebulan Perbaikan, Gorong-gorong Kembali RusakSempat Diterpa Isu Pecah Kongsi Jelang Pilkada Serentak, Kang Maman: Saya Percaya, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tetap Kompak

Ditempat terpisah, Kepala Desa Ganjaresik, Abdurahman,S.pd.i menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan Anggota DPR-RI dari Fraksi PDIP tersebut. Dalam kunjungannya itu Sutrisno juga menyerap dan menerima aspirasi dari kelompok tani, ternak, dan masyarakat tentang potensi yang ada di Desa Ganjaresik. Khususnya dalam bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

0 Komentar