Pemdes: Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

Pemdes: Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan
Warga dan perangkat Desa Ranggon membersihkan sampah di pinggir jalan, belum lama ini. (Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Pemerintah Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja bersama perangkat, lembaga dan semua lapisan masyarakat menetralisir sampah di pinggir jalan lingkar.

Berbagai macam upaya sudah dilakukan pemerintah Desa Ranggon untuk mengingatkan oknum masyarakat yang menjadikan areal tersebut sebagai tempat membuang sampah.

Kepala Desa Ranggon Oo Somantri menyebutkan, keberadaan sampah yang menumpuk di pinggir jalan lingkar wilayah Desa Ranggon itu sering kali dinetralisir. Tak hanya itu, sepanduk himbauan juga sudah beberapa kali dipasang.

Baca Juga:Sapma PP Hadirkan Taqy Malik di Masjid Al Kamil SumedangWanajaya Jadi Sentra Kacang Kedelai

“Sudah berbagai upaya kita lakukan agar warga tidak buang sampah ke areal ini. Karena ini kan pinggir jalan lingkar, jalan yang menghubungkan antar kabupaten. Jadi bukan hanya warga Sumedang saja yang melintas di jalur ini,” katanya kepada Sumeks, belum lama ini.

Dia menilai, penumpukan sampah sebagian besar berasal dari warga luar desa. Mereka sengaja membuang sampah ke areal tersebut.

“Sudah banyak yang melihat kalau yang buang sampah ke areal ini, kebanyakan orang yang sambil lewat. Mungkin itu warga luar Desa Ranggon,” katanya.

Oo menyebutkan, sampah yang menumpuk di pinggir jalan itu sering kali terbawa arus air yang mengalir di badan jalan pada saat hujan deras turun. Dampaknya, sampah tersebut berserakan di badan jalan dan membuat jalanan jadi kumuh.

“Seringkali sampah berserakan di badan jalan. Itu malah menambah kekumuhan,” tegasnya.

Untuk saat ini, kondisi akses areal tersebut sudah bersih, karena sampah diangkut oleh pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH). Kedepannya, pihaknya berharap ada kesadaran masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. (eri)

0 Komentar