Pembinaan Kebugaran Jasmani pada Civitas Akademik UPI Kampus Sumedang

Pembinaan Kebugaran Jasmani pada Civitas Akademik UPI Kampus Sumedang
Prof Dr H Ayi Suherman M.Pd dkk
0 Komentar

Sepintas program ini menghambat dinamika kerja namun riset para ahli kebugaran menunjukkan  karyawan akan lebih produktif kinerja jika memiliki kondisi fisik yang sehat dan bugar, tidak mudah sakit dalam memanfaatkan waktu sangat efektif dan efisien.

Manfaat lain Latihan kebugaran jasmani memupuk silaturahmi diantara peserta  latihan kebugaran jasmani baik kegiatan senam kebugaran jasmani maupun jalan dan lari, walau penulis akui banyak peserta mengeluh dalam Latihan senam kebugaran jasmani karena  gerakannya kaku dan tidak bebas sehingga para peserta tidak bisa mengepresikan dirinya secara maksimal serta tidak menggali rasa estetis karyawan yang memiliki bakat dan hoby olahraga.

Sebenarnya memelihara dan meningkatkan kebugaran jasmani banyak kegiatan yang menjadi pilihan karyawan, namun sebaiknya aktivitas fisik yang bermanfaat dalam menunjang produktivitas kerja karyawan. Kegiatan yang menjadi pilihan harus dilakukan Bersama-sama, meningkatkan keterampilan dan memelihara bentuk tubuh.

Baca Juga:Margamekar Salurkan Bantuan Rutilahu dari Bank SumedangBPJS Ketenagakerjaan Ajak Seluruh Peserta Tumbuhkan Budaya Anti Korupsi

Oleh karena itu kepada karyawan ditanamkan gaya hidup aktif yang meliputi beberapa kegiatan seperti melakukan Latihan kebugaran secara teratur, membiasakan berolahraga secara mandiri dan menjaga gaya hidup sendiri.

Apalagi di masa pandemi covid19 saat sekarang ini ketika hanya bergiatan di rumah saja akan berdampak pada kondisi fsik juga mental. Dampak pandemic pada kondisi fisik akan menurunkan aktivitas fisik sehingga daya tahan tubuh berkurang dan sangat rawan kena penyakit, sedangkan dampak mental hamper terjadi di semua karyawan merasa bosan, jenuh, frustasi dalam menghadapi berbagai pekerjaan dan ancaman hidup dimasa mendatang.

Tawaran berolahraga bareng melalui Latihan kebugaran sangat bermanfaat bagi dosen dan tendik agar menumbuhkan Kembali rasa optimis mengahadapi pekerjaan dan  kehidupan mendatang lebih baik.

Dilema tersebut dapat terhindarkan manakala pembinaan hidup aktif dan produktif terus berlanjut dengan mentaati protokol Kesehatan agar tidak dianggap sumber penularan baru.

Para dosen dan tendik UPI Kampus Sumedang yang berpartisipasi dalam program jumat sehat akan terus mempertahankan kebugaran fisiknya untuk berlatih dan bergiatan secara berkala minimal setiap jumat dengan beragam Latihan yang dirasakan bermanfaat untuk pekerjaan dan kehidupan sehari-hari sehat dan bahagia. (**)

0 Komentar