Pembinaan Kebugaran Jasmani pada Civitas Akademik UPI Kampus Sumedang

Pembinaan Kebugaran Jasmani pada Civitas Akademik UPI Kampus Sumedang
Prof Dr H Ayi Suherman M.Pd dkk
0 Komentar

UPI Kampus Sumedang telah membuat sebuah program pembinaan kebugaran jasmani bagi karyawan baik dosen maupun tenaga kependidikan (Tendik) pada setiap jumat secara rutin yang disebut Jumat Sehat.

Kegiatan yang dilakukan pada Jumat sehat tersebut berisikan senam aerobic, senam Zumba, senam kebugaran jasmani, jalan santai, bersepeda bersama malahan haiking. Kegiatan ini dimaksudkan tidak hanya memelihara kondisi fisik semata akan tetapi memupuk kebersamaan dan kekeluargaan diantara warga akademik UPI Kamda Sumedang.

Transformasi Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar

Program jumat sehat ini berisikan kegiatan olahraga Kesehatan yang bertujuan pemeliharaan dan peningkatan derajat Kesehatan para karyawan UPI Kamda Sumedang.

Baca Juga:Margamekar Salurkan Bantuan Rutilahu dari Bank SumedangBPJS Ketenagakerjaan Ajak Seluruh Peserta Tumbuhkan Budaya Anti Korupsi

Mengapa dikatagorikan olahraga Kesehatan mengingat intensitas aktivitas fisik yang dilakukan tidak boleh maksimal tetapi submaksimal. Kita mengetahui bahwa olahraga Kesehatan bukan olahraga prestasi akan tetapi aktivitas fisik yang merupakan upaya preventif dan promotive, artinya mencegah menurunnya derajat Kesehatan bahkan berupaya meningkatkannya.

Program Jumat sehat ini berisikan aktivitas kebugaran jasmani sangat penting bagi karyawan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari. Mengapa demikian kita tahu bahwa kebugaran jasmani disini merupakan kecocokan antara tugas yang harus dilakukan oleh karyawan dengan kondisi fisik yang dimilikinya.

Dengan perkataan lain untuk melaksanakan tugas fisik tertentu dengan hasil yang lebih baik diperlukan syarat-syarat fisik tertentu yang sesuai dengan sifat tugas fisik tersebut.

Bagi karyawan UPI Kampus Sumedang hal ini sangat diperlukan mengingat aktivitas fisik routine sehari-hari sangat ringan walau penuh kebosanan namun tetap dilakukan sepanjang waktu alhasil berlangsung dalam durasi waktu yang relative lama.

Dengan demikian kebugaran jasmani bersifat relative, artinya kebugaran jasmani tidak bebas semua gue akan tetapi bersifat kait mengkait antara anatomis dan fisiologis, anatara fit tidaknya seseorang selalu berhubungan dengan tugas fisik yang harus dilakukan.

0 Komentar