Puskesmas Cimanggung Catat Peningkatan Signifikan Penyakit ISPA Mengancam

Puskesmas Cimanggung Catat Peningkatan Signifikan Penyakit ISPA Mengancam
Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung, dr Iting Mursyidah Hanum dalam Lokakarya dengan tema penguatan dukungan lintas sektor dalam rangka evaluasi kegiatan dan program puskesmas Cimanggung tahun 2021 berlangsung di aula Desa Sindangpakuon, Rabu (15/12/2021) (Engkos Koswara/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cimanggung – Meningkatnya jumlah pasien yang berobat ke UPTD Puskesmas Cimanggung sebagian besar didasari oleh faktor musim penghujan. Pihak Puskesmaspun mencatat peningkatan warga yang datang untuk melakukan pengobatan.

Seperti dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung, dr Iting Mursyidah Hanum melalui Dokter Umum, dr Ilama Hitriyah pasien itu kebanyakan datang ke PKM Cimanggung, keluhan sakit yang banyak dirasakan warga ada di saluran pernafasan.

“Yang keluhkan sakit memang bertambah karena musim hujan,” kata Ilma, Rabu (15/12).

Baca Juga:Desa Sukagalih Klaim Tuntas Bagikan BLT Hingga Tahap 12Pembinaan Kebugaran Jasmani pada Civitas Akademik UPI Kampus Sumedang

Dalam pemaparannya, Ilma menuturkan, dampak musim hujan terhadap imun tubuh biasanya berpengaruh pada saluran pernapasan.

“Karena banyaknya yang keluhan di ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Setiap pergantian cuaca dari kemarau ke musim hujan pasti banyak yang sakitnya di saluran pernapasan,” imbuhnya.

Diketahui, ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan. Adapun gejala yang biasanya dirasakan seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam ringan hingga sakit kepala.

“Kalau dibandingkan dengan sebelum musim hujan, kunjungan dengan keluhan sakit di ISPA lumayan ada peningkatan yang signifikan,” tutup Ilma.

Menurutnya, peningkatan jumlah warga yang datang mengeluhkan sakit tersebut karena cuaca saat ini dapat dikatakan tengah kurang baik.

“Lagi musim hujan juga, jadi keluhan-keluhan seperti sakit batuk, pilek atau demam itu pasti terjadi,” pungkasnya. (kos)

0 Komentar