4 Perkara Yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur

4 Perkara Yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur
Tidur (Net/Ilustrasi)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Setelah melakukan kegiatan selama seharian penuh, pasti tubuh terasa capek atau lelah. Biasanya ketika kecapean kita memilih untuk langsung tidur.

Namun sebelum tidur kita dianjurkan untuk mencuci anggota badan tertentu termasuk tangan, kaki dan wajah.

Selain itu dalam islam kita juga dianjurkan melakukan 4 perkara sebelum tidur, diantara nya sebagai berikut :

Baca Juga:Akibat Terlalu Sering Begadang, Mudah Terkena Banyak Penyakit!Jelang Akhir Tahun, Bhayangkari Polsek Cibugel Rutin Silaturahmi

1. Mengkhatamkan Al-Quran
2. Membaca Sholawat
3. Memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin
4. Melakukan ibadah haji dan umrah

Tetapi secara akal sehat manusia, keempat perkara ini tidak mungkin kita lakukan sebelum tidur, tapi ibadah satu ini bukan untuk memberatkan umatnya. Karena Rasulullah SAW, memberikan jalan pintas untuk melakukan keepmat perkara itu dengan mudah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini,

“Diriwayatkan dari Rasulullah bahwa beliau berkata kepada Sayidah Aisyah, ‘Wahai Aisyah, janganlah kamu tidur sebelum melakukan empat hal; sebelum mengkhatamkan Al-Quran, sebelum membuat para nabi memberi syafaat kepadamu kelak di hari kiamat, sebelum membuat seluruh kaum muslimin rida kepadamu dan sebelum melakukan ibadah haji dan umrah.”

“Setelah berkata demikian, Nabi kemudian melanjutkan salat malamnya dan Sayidah Aisyah sendiri berada di tempat tidur seraya menunggu Nabi menyempurnakan salatnya. Setelah Nabi SAW menyempurnakan salatnya, Sayidah Aisyah langsung bertanya: Wahai Rasulullah, demi bapak dan ibuku, engkau perintahkan aku melakukan empat perkara yang saat ini tidak mampu aku melakukannya.”

“Mendengar pertanyaan Aisyah ini, Nabi lalu tersenyum dan beliau menjelaskan: Jika kamu membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Quran. Jika kamu membaca selawat kepadaku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberikan syafaat kepadamu di hari kiamat kelak. Jika kamu memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin, maka mereka semua akan rida kepadamu. Dan jika kamu membaca ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illahu wallahu akbar,’ maka kamu telah melakukan haji dan umrah.”

0 Komentar