Pengalihan Aliran Sungai Tanpa Perhitungan

Pengalihan Aliran Sungai Tanpa Perhitungan
Seorang pegawai proyek pembangunan Tol Cisumdawu saat mengecek gorong-gorong di Sungai Cilame yang menjadi keluhan warga, kemarin. (ISTIMEWA)
0 Komentar

Gorong-gorong Kecil, Air Meluap ke Jalan

SUMEDANGEKSPRES.COM, Conggeang – Gorong-gorong kecil di batas Dusun Cianda Desa Conggeang Wetan dan Dusun Cibodas Desa Conggeang Kulon, menjadi penyebab meluapnya air Sungai Cilame ke jalan Cibodas. Kondisi ini sudah berlangsung lama dan menyebabkan kerusakan badan jalan di beberapa titik.

Pantauan Sumeks, dengan adanya pembangunan jalan Tol Cisumdawu, aliran Sungai Cilame dialihkan melalui jalur baru. Jalur lama Sungai Cilame akan diurug dan menjadi badan jalan tol.

Diprediksi, ketika hujan deras aliran air di sungai yang baru akan besar. Dengan adanya aliran air yang besar, harus disertai perbaikan gorong-gorong menjadi lebih besar.

Baca Juga:Bupati Tabur 10 Ribu Benih Ikan Kancra dan Ikan Nila di Empang Gedung NegaraRelawan Unpad Beri Dujungan Psikologis Kepada Anak – anak Penyitas Erupsi Gunung Semeru

“Gorong gorong di Sungai Cilame hanya sebesar badan anak kecil, jadi ketika hujan deras, air akan meluap ke badan jalan hingga merusak aspal. Apalagi saat Sungai Cilame dialihkan karena adanya pembangunan jalan tol Cisumdawu. Melihat sungai yang baru cukup besar, diduga aliran air akan besar. Jadi, seharusnya gorong gorong juga menjadi besar agar aliran air tidak tersendat,” ujar seorang warga setempat Didin saat berbincang dengan Sumeks, Selasa (21/12).

Kata dia, sejak dulu gorong-gorong belum mengalami perbaikan sama sekali. Seiring adanya pembangunan jalan Tol Cisumdawu dan pengalihan aliran Sungai Cilame, perbaikan dan pelebaran gorong-gorong sangat diperlukan. Sehingga, tidak terulang kembali meluapnya air ke badan jalan.

Sementara itu, salah seorang Humas PT Adhi Karya Manta akan menyampaikan keluhan yang terjadi di lapangan. Pihaknya pun akan melakukan konfirmasi ke pihak pelaksana pembangunan aliran sungai yang baru.

“Sae pak, ke bade dikonfirmasi heula ka pelaksana. Upami kedah diageungan, mangga urang ajukeun diageungan,” jelasnya. (atp)

0 Komentar