Cisumdawu Batal Dibuka Akhir Tahun 2021

Cisumdawu Batal Dibuka Akhir Tahun 2021
Tol Cisumdawu masih dalam proses pembangunan hingga saat ini. (Kegga Keggyan/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Lagi-lagi, target operasional Tol (Cisumdawu) Cileunyi-Sumedang-Dawuan meleset. Sejatinya, akhir tahun ini sudah dibuka. Namun, masih banyaknya persoalan rencana tersebut ditunda.

Pemda Sumedang pun langsung menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah pihak. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjelaskan, rapat koordinasi dilaksanakan untuk menyamakan persepsi. Sekaligus, mengatasi beberapa persoalan yang harus segera diselesaikan.

“Intinya, menyamakan derap dan langkah untuk mengentaskan beberapa persoalan yang harus dihadapi, menyamakan frekuensi untuk bersama-sama mengakselerasi mengatasi persoalan yang dihadapi dalam penyelesaian jalan tol ini,” ungkap Dony.

Baca Juga:Manfaat Mengamalkan Surat An Naas dan Al Falaq, Penangkal Sihir!Motor Masuk Kolong Truk, Dua Orang Lolos dari Maut

Ada beberapa kesepakatan dalam menyelesaikan persoalan yang belum selesai. Percepatan penyelesaian pembebasan lahan, penyelesaian tanah kas desa dan wakaf yang ikut terdampak dan penyelesaian terkait kawasan rawan longsor di Desa Sirnamulya dan Desa Mulyasari.

“Kemudian beberapa hal berkaitan dengan hukum pun di pihak kejaksaan dan pengadilan siap untuk memfasilitasi dan mengakselerasi sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Dony.

Dony mengharapkan dengan keberadaan jalan tol Cisumdawu kelak dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

“Jalan tol selesai berarti pergerakan barang dan orang akan semakin mudah, pergerakan ekonomi akan semakin lancar, pemerintah berkewajiban mengakselerasinya,” terang Dony.

Sebelumnya direncanakan tol Cisundawu akan di buka dari seksi 1 hingga seksi 3 akhir tahun 2021, namun hal itu di pastikan batal dilakukan karena masih dalam kajian tim untuk membuka tol Cisumdawu

“Ada pun beberapa persoalan yang masih mengemuka (soal pembebasan lahan) kita atasi kita jelaskan, bahkan terakhir ada masalah di tahun 2010 ya kita akan jelaskan karena beda aturan juga, sekarang dengan Undang-undang 2012 ini beda aturan dengan yang sebelumnya tapi kita akan jelaskan semuanya supaya clear,” tambah Dony.

Disinggung soal rencana pembukaan tol Cisumdawu saat Natal dan Tahun Baru, ia pun tidak dapat memastikan lantaran saat ini masih dalam kajian teknis lapangan serta masih terkendala dengan masih adanya longsoran tanah di kawasan Desa Sirnamulya dan Desa Mulyasari.

Baca Juga:Tol Cipali ke Bandara Kertajati Diresmikan, Apa Kabar Tol Cisumdawu?Waduk Jatigede Jadi Lautan Sampah

“Awalnya diakhir tahun ini, tapi karena ada longsoran dan sebagainya mungkin nanti akan ada penyampaian secara khusus pada publik apa pembukaannya di Desember ini, Januari ini, Februari ini, masih dikaji secara teknis di lapangan oleh Ditjen Bina Marga dan pihak terkait,” terangnya.

0 Komentar