Tol Cipali ke Bandara Kertajati Diresmikan, Apa Kabar Tol Cisumdawu?

Tol Cipali ke Bandara Kertajati Diresmikan, Apa Kabar Tol Cisumdawu?
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Majalengka – Jalan Tol Cipali menuju BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka, diresmikan, kemarin. Akses sepanjang 3,38 kilometer itu, sudah dapat digunakan masyarakat. Peresmian akses tol bertepatan dengan Peringatan Hari Jalan 20 Desember 2021.

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan Pengoperasian Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sepanjang 3,38 km.

Pembangunan tol ini selesai pada September 2021 dan telah dilakukan Uji Laik Fungsi dengan diterbitkan Sertifikat Laik Operasinya pada 6 Desember 2021.

Baca Juga:Waduk Jatigede Jadi Lautan SampahCupang Jawara Dibandrol Lebih dari Rp 5 Juta

Pengoperasian Tol Akses BIJB Kertajati secara seremoni ditandai dengan penekanan sirine oleh Wakil Menteri (Wamen) PUPR, John Wempi di Gerbang Kertajati Utama.

Tol Akses BIJB Kertajati akan menghubungkan Bandara Kertajati dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dimulai dari KM 158+700 dan nantinya juga terkoneksi dengan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Wamen Wempi mengatakan apabila Jalan Tol Cisumdawu sudah terkoneksi penuh dengan Bandara Kertajati, akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari wilayah Bandung ke Bandara Kertajati hingga 50 persen.

Kehadiran Tol Akses Bandara Kertajati juga akan mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi.

Yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan Kawasan Industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing wilayah, daya saing ekonomi, dan daya saing logistik di kawasan Rebana Jawa Barat.

CEO Astra Infra, Djap Tet Fa menjelaskan, akses Jalan Tol BIJB Kertajati merupakan wujud dari komitmen Astra Infra untuk berkontribusi pada infrastruktur di Indonesia.

Baca Juga:Sukasari – Lembang Belum Bisa TerwujudSamsat Sumedang Gelar Penyuluhan dan Edukasi Vaksin

Dia berharap, beroperasinya jalan tol tersebut dapat memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitarnya.

Seperti diketahui, akses jalan yang menghubungkan dengan Bandara Kertajati dilakukan selama 12 bulan.

Ruas jalan ini, telah mengantongi izin operasi pada 6, Desember 2021 sesuai SK Menteri PUPR 1514/KPTS/M/2021.

Nantinya, akses ini akan terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu yang masih dalam tahap pembangunan dan diperkirakan selesai awal tahun depan.

Adapun penetapan tarif Tol BIJB Kertajati didasari Keputusan Menteri PUPR nomor 1514/KPTS/M/2021.

Untuk perjalanan dari GT Cikopo sampai dengan Kertajati Utama, untuk kendaraan golongan 1 yakni Rp79 ribu. Dari Palimanan ke Kertajati Utama Rp28.500.

0 Komentar