Cupang Jawara Dibandrol Lebih dari Rp 5 Juta

Cupang Jawara Dibandrol Lebih dari Rp 5 Juta
Kementerian dan Perikanan Republik Indonesia menggelar Betta Contes (Kontes Ikan Cupang) di Mall Asia Plaza Sumedang, Sabtu dan Minggu (18-19/12). (Adhi SG/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Kementerian dan Perikanan Republik Indonesia (KKP  RI) berkesempatan menggelar Betta Contes (Kontes Ikan Cupang) yang bertemakan Art of Fish Betta Contest di Mall Asia Plaza Sumedang, Sabtu dan Minggu (18-19/12).

Diketahui, kontes ini merupakan sinergitas KKP RI, Dinas Perikanan Kabupaten Sumedang dan PAIS (Perkumpulan Anggota Ikan Hias di Sumedang) yang memperebutkan Piala Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan Perikanan RI.

General Manager Mall Plaza Asia Sumedang Buddy Indrasakti turut mengapresiasi atas gelaran kontes cupang hias dengan diadakan di mall Asia Plaza Sumedang.

Baca Juga:Sukasari – Lembang Belum Bisa TerwujudSamsat Sumedang Gelar Penyuluhan dan Edukasi Vaksin

“Sangat mengapresiasi dengan kontes cupang ini semoga bisa menjadi ajang silaturahmi bagi para pencinta ikan cupang dan juga edukasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai keindahan beragam corak ikan cupang,” terang Buddy.

Salah satu pengunjung dan penggiat ikan cupang hias, Deni juga turut memeriahkan event tersebut, karena ini momentum saling silaturahmi juga antarkomunitas ikan cupang hias.

“Turut bangga di Sumedang ada even seperti ini, di mall lagi. Semoga pecinta ikan cupang dan ikan hias lainnya semoga saling jaya,” tegasnya.

Sementara Panitia kontes ikan cupang, Ega Cundiana mengatakan dalam kontes ini diikuti para breeder dan pecinta cupang dalam dan luar Sumedang.

“Kontes cupang ini adu dari keindahan ikan cupangnya, cupang-cupang dari tiap-tiap kelas atau kategori bersaing saling menunjukkan keunggulan dan keindahan ikan cupang,” terang Ega.

Ia juga menjelaskan dari penilaian kontes cupang ini dinilai penampakan bentuk dan warnanya si Cupang.

“Setiap hasil silangan yang mempunyai bentuk dan karakter yang khas akan diberikan nama tersendiri,” tuturnya.

Baca Juga:Talun Tuntaskan Semua Program Bantuan PemerintahCiptakan Ekosistem UMKM Lebih Baik, Menko Airlangga: Akademisi dan Pembuat Kebijakan Harus Kolaborasi

Kendatinya, harga ikan cupang hias yang dikonteskan oleh penggiat hobi cupang ini merogoh kocek antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah per ekor.

“Namun kalau sudah juara harga ikan cupang hias sudah juara bisa dijual kisaran 5 juta ke atas,” tandas Ega.

Dalam kontes ini punya kategori exhibition di antaranya kelas goldfish exhibition, molly exhibition, cuppy exhibition dan chana exhibition. (asg)

0 Komentar