Camat Sidak Kedisiplinan Perangkat Desa.

Camat Sidak Kedisiplinan Perangkat Desa.
Camat Darmaraja Agus Sujatmiko saat melakukan sidak di salah satu desa di Kecamatan Darmaraja, kemarin. (Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan desa terhadap masyarakat, Camat Darmaraja inspeksi mendadak (sidak) sidak ke tiap desa. Kegiatan yang menjadi rutinitas camat agar bisa melihat secara langsung kedisiplinan pemerintah desa dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat.

Kata camat, pemerintah desa tentu harus siap melayani masyarakat 24 jam formal maupun nonformal.

“Saya lakukan sidak ke semua desa yang ada di Kecamatan Darmaraja. Itu semua sebagai bentuk pengawasan kedisiplinan pemerintah desa, biasanya saya sidak itu jam 07. 50,” kata Camat Darmaraja Agus Sujatmiko.

Baca Juga:Cipamekar Tangani Masalah Kesehatan MasyarakatKaum Ibu Harus Melek Teknologi di Era Digital

Hasil dari sidaknya, semua desa sebelum pukul 08.00 sudah ada yang siap di kantor desa untuk persiapan pelayanan, meski pintu kantor desa masih tertutup.

“Alhamdulilah, semua desa sudah saya lakukan sidak pada pagi hari, sebelum jam 8 itu perangkat desa sudah mulai persiapan, meski pintu belum dibuka, tapi mereka sudah ada di tempat,” katanya.

Dikatakan, sidak akan terus dilakukan tanpa ada yang mengetahui agendanya.

“Saat ini, saya memang belum menemukan pelanggaran, mudah-mudahan pelayanan di desa memang selalu konsisten,” kata dia.

Diharapkan, semua jajaran perangkat desa mampu melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Sebab mereka menjadi perangkat desa dengan tahapan proses seleksi.

“Mereka menjadi perangkat desa sudah melalui proses tahapan seleksi, itu berarti mereka sudah mumpuni dalam segala hal untuk menjalankan tugasnya,” kata dia.

Selain disiplin, perangkat desa juga harus ramah dalam melakukan pelayanan. “Disiplin saja tidak cukup, perangkat desa juga harus ramah, dan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham prosedur,” kata dia. (eri)

0 Komentar