Cipamekar Tangani Masalah Kesehatan Masyarakat

Cipamekar Tangani Masalah Kesehatan Masyarakat
Beberapa petugas Dari Puskesmas Conggeang saat melakukan musyawarah terkait kesehatan masyarakat, belum lama ini. (ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Conggeang – UPTD Puskesmas Kecamatan Conggeang terus menggelar kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Hal itu dilakukan guna menangani masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Seperti yang dilakukan di Desa Cipamekar baru-baru ini.

Petugas dari Puskesmas Conggeang memandu kegiatan MMD di Desa Cipamekar. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh komponen Perangkat Desa Cipamekar serta kader dan PKK untuk mendapatkan arahan mengenai penanganan kesehatan yang dibutuhkan, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala Puskesmas Conggeang, dr. Hj Uning Rohayati MHKes mengatakan kegiatan MMD dilaksanakan untuk memusyawarahkan langkah penanganan kesehatan berdasarkan hasil survey oleh kader desa yang telah disampaikan kepada pihaknya.

Baca Juga:Kaum Ibu Harus Melek Teknologi di Era DigitalAkses Jalan Menuju Lokasi Curug Sindulang Ditutup Sementara

“Kegiatan ini sebagai musyawarah kita, berusaha memecahkan permasalahan kesehatan di Desa Cipamekar berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa waktu yang lalu demi kesehatan bersama,” ungkapnya.

Menurutnya, perilaku hidup sehat harus dicanangkan oleh setiap masyarakat. Terutama, pada tatanan rumah tangga guna menjaga kesehatan di lingkungan terdekat.

Diterangkan, perilaku hidup sehat ada di beberapa tatanan. Seperti rumah tangga, perusahaan, dan tempat publik lainnya. Namun, sangat penting dimulai dari tatanan rumah tangga yang dapat dilakukan seperti merokok tidak di sembarang tempat.

“Layaknya merokok dilakukan di tempat yang khusus untuk menjaga lingkungan tetap sehat,” jelasnya.

Selain itu, terkait dengan kondisi musim yang saat ini rawan akan wabah Demam Berdarah serta ASI eksklusif yang masih rendah, menjadi penekanan agar selaras dengan visi misi kesehatan bersama.

“Terkait ASI eksklusif yang masih rendah, kita akan gencarkan bersama bidan desa dengan terus mengedukasi warga bersama para Kader,” katanya.

Dengan kondisi musim yang saat ini dihadapi, selain penyebaran covid-19 penting untuk kita waspadai Deman Berdarah dengan langkah 3M+. Karena fogging adalah alternatif terakhir dan hanya membunuh nyamuk dewasa.

Baca Juga:Tidak Ada Penyekatan Kendaraan Saat Libur Natal (Nataru)Vaksinasi Tahap Dua Belum Capai 70 Persen

Sementara itu, Kades Cipamekar, Deden Darmawan Sugara memberikan atensi penanganan kesehatan untuk warganya. Dia pum berharap dapat selalu bekerjasama dengan menyelaraskan program Desa.

“Terimakasih kepada Puskesmas Conggeang, terkait adanya program MMD untuk penaganan kesehatan di Desa Cipamekar. Harapannya koordinasi dan sharing selalu terjalin sehingga akan sinkron dengan program desa kedepannya,” pungkasnya. (atp)

0 Komentar