6 Tips Mencegah Kadar Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

6 Tips Mencegah Kadar Gula Darah Tinggi di Pagi Hari
Ilustrasi diabetes. Foto: Pixabay
0 Komentar

SUMEDANG.JABAREKSPRES.COM – Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah selalu stabil dan cenderung tinggi merupakan tantangan yang sulit.

Gula darah tidak hanya meningkat di malam hari, bahkan juga bisa di pagi hari. Jika kadar gula darah sering meningkat di pagi hari, maka sebaiknya jangan Anda abaikan.

Gula darah tinggi di pagi hari “bisa jadi sulit untuk diobati,” tetapi dengan bantuan tim medis Anda, kamu bisa mencoba pendekatan yang berbeda. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Everydayhealth.

1. Sesuaikan pompa insulin Anda

Baca Juga:Bongkahan Longsor Tutup Akses Jalur WisataSatker Tak Sanggup Jika Tol Dibuka Akhir Tahun Ini

Jika Anda menggunakan pompa insulin, kamu mungkin bisa memprogramnya untuk membantu mengelola kadar gula darah tertinggi pagi Anda.

2. Cek gula darah sebelum tidur

Banyak orang yang gula darahnya tinggi di pagi hari. Untuk itu, Anda wajib memeriksa kadar gula darah sebelum tidur.

3. Ambil insulin basal

Mengambil insulin basal pada waktu tidur bisa membantu, tetapi pastikan untuk berkonsultasi setiap perubahan dosis dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

4. Sesuaikan obat

Jika meningkatnya gula darah pagi adalah karena respons balik terhadap kadar gula darah yang rendah saat Anda tidur, kamu mungkin perlu mengubah dosis obat yang Anda minum di malam hari.

Bicarakan dengan dokter tentang apakah jadwal pengobatan Anda harus disesuaikan untuk mengatasi meningkatnya gula darah di pagi hari.

5. Konsumsi camilan sehat sebelum tidur

Bagi mereka yang mengalami efek somogyi, camilan campuran protein dan karbohidrat yang sehat bisa membantu mencegah roller coaster gula darah Anda di malam hari.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli diet terdaftar jika tidak yakin bagaimana memasukkan camilan sebelum tidur ke dalam diet harian kamu.

6. Meningkatkan aktivitas fisik

Baca Juga:Penyakit DBD Menyerang Warga BuahduaSMPN 3 Cimalaka Siap Laksanakan PTMT 50 Persen

Aktif secara fisik di siang hari bisa membantu Anda mengelola gula darah secara lebih efektif. Jika diabetes Anda diobati dengan insulin atau kamu memiliki kekhawatiran tentang gula darah rendah, cari tahu cara berolahraga dengan aman sebelum meningkatkan aktivitas fisik kamu.

Gula darah pagi yang tinggi harus menjadi perhatian, terutama jika terjadi secara teratur.

0 Komentar