Dewan Usulkan Jaring Sampah Sungai Cimanuk

Dewan Usulkan Jaring Sampah Sungai Cimanuk
Anggota DPRD Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) 4, Haji Mulya Suryadi saat diwawancara terkait penumpukan sampah di Waduk Jatigede, kemarin (Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

Antisipasi Penumpukan di Waduk Jatigede

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Anggota DPRD Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) 4, Mulya Suryadi berharap ada solusi terbaik untuk penanganan sampah di Waduk Jatigede.

Mengingat tumpukan sampah di Waduk Jatigede seperti tidak ada habisnya. Sebab itu, pemerintah harus memikirkan bagaimana agar sampah tidak masuk ke waduk tersebut.

Upaya pembersihan sampah seperti saat ini, jangan sampai jadi agenda rutin setiap tahunnya, justru yang harus dipikirkan bagaimana agar sampah tidak ada di perairan waduk tersebut.

Baca Juga:Sekilas Tentang Klorinasi; Basmi Parasit, Bakteri, dan Virus dalam AirWaspada, Pencurian Dominasi Kasus Kriminal

“Sudah beberapa hari bahkan sudah ada sepekan pembersihan sampah dilakukan, tapi sampah tetap saja ada, itu artinya sampah terus datang dari sungai dan anak sungai yang bermuara ke perairan waduk tersebut,” katanya, Senin (27/12).

Mulya Suryadi yang akrab dengan sapaan Haji Ute itu menilai, upaya pemasangan jaring sampah di Sungai Cimanuk harus dilakukan, sebab aliran air sungai tersebut sudah pasti membawa sampah yang berasal dari hulu.

“Upaya pencegahan sampah dari sungai Cimanuk yang masuk ke waduk saya rasa itu akan lebih efektif,” ujarnya.

Selain itu, kata Mulya, warga juga tidak boleh membuang sampah sembarangan, apalagi dibuang ke saluran irigasi, sebab semua saluran irigasi akan bermuara ke Waduk Jatigede.

Dia meminta setiap desa yang ada diwilayah -wilayah penyangga Waduk Jatigede, harus menyediakan tempat dan pengelolaan sampah, untuk mengantisipasi adanya warga yang membuang sampah sembarangan.

“Desa-desa disekeliling waduk harus punya pengelolaan sampah, itu harus didorong juga oleh pemerintah,” tuturnya.

Dia menambakan, urusan sampah di Jatigede harus jadi tanggung jawab bersama, diharapkan tidak ada indikasi saling menyalahkan. (eri)

0 Komentar