Muscab DPC Apdesi Sumedang Resmi Diundur

Muscab DPC Apdesi Sumedang Resmi Diundur
Rapat Pleno Penetapan Calon Ketua DPD Apdesi Sumedang beberapa waktu yang lalu (istimewa)
0 Komentar

SUMEDANG.JABAREKSPRES.COM – Musyawarah Cabang (Muscab) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sumedang resmi diundur pelaksanaannya. Awalnya, akan dilaksanakan pada 20 Januari 2022, kini menjadi tanggal 3 Februari 2022.

Ada lima calon yang bakal maju pada bursa pemilihan Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang periode 2022-2027.

Kelima tersebut telah ditetapkan dalam Rapat Pleno Panitia Muscab Apdesi Kabupaten Sumedang pada Senin 17 Januari 2022 lalu. Diantaranya, calon nomor urut 1 Suhenda (Kades Cilengkrang, Wado), calon nomor urut 2 Deden Darmawan (Kades Cipamekar, Conggeang), calon nomor urut 3 Dedeng Saepurohman (Kades Cilayung, Jatinangor), calon nomor urut 4 Mumuh (Kades Haurkuning, Paseh) dan calon nomor urut 5 Willy Sanjaya (Kades Serang, Cimalaka).

Baca Juga:Tergilas Kontainer, 21 Meninggal 36 Luka-lukaPenguatan Kelembagaan, KPUD Sumedang Kunjungi DPD PKS

Plt Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang Ujang Suharya mengatakan, berdasarkan hasil rapat pleno panitia Muscab, lima nama telah ditetapkan sebagai calon Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang periode 2022-2027.

“Untuk lima nama calon ini telah ditetapkan pada rapat pleno hari Senin kemarin, dan akan berebut kursi ketua DPC Apdesi pada 3 Februari nanti,” kata Ujang saat dikonfirmasi, Rabu (19/1).

Disinggung tentang proses pemilihan yang sempat menuai polemik dari sejumlah Kepala Desa, Ujang mengatakan, sesuai hasil pleno, jumlah hak pilih pada Muscab nanti, seluruhnya sebanyak 29 suara. Dimana suara perwakilan dari masing-masing Dewan Pimpinan Kecamatan (DPC) sebanyak 26 suara. Sisanya tiga suara dari unsur DPC dan DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat.

Sebelum para ketua DPC melaksanakan pemilihan di tingkat Kabupaten, kata Ujang,
mereka akan melaksanakan musyawarah kesepakatan terlebih dahulu dengan kepala Desa di masing-masing wilayahnya. Hal itu dilakukan ntuk menentukan siapa dari 5 calon yang akan dipilih menjadi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang.

“Hasil kesepakatan di tingkat Kecamatan itu, akan dibawa oleh masing-masing ketua DPC dalam
Muscab DPC Apdesi Kabupaten Sumedang. Dan calon yang memiliki suara terbanyak, bisa menduduki posisi Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sumedang,” tandasnya. (atp)

0 Komentar