HUT Basarnas ke 50 : Pantai Pondok Bali Ditanami 500 Pohon Mangrove

HUT Basarnas ke 50 : Pantai Pondok Bali Ditanami 500 Pohon Mangrove
Anggota Basarnas bersama-sama stakeholder terkait menanam 500 bibit pohon mangrove di Pantai Pondok Bali. (Istimewa)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Dalam rangka rangkaian acara HUT Basarnas ke 50, Basarnas menyelenggarakan penanaman mangrove yang dilaksanakan di setiap unit pelaksana teknis Basarnas seluruh Indonesia, salah satunya di Kantor SAR Bandung.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menjelaskan kegiatan itu sebagai wujud syukur dan cinta alam Basarnas

“Pada kesempatan ini, dalam hal ini Kantor SAR Bandung menanam 500 bibit mangrove di Pantai Pondok Putri, Desa Legok Wetan Kecamatan Legok Kulon Kabupaten Subang,” terang Deden di kantornya, Senin (7/2).

Baca Juga:Kades Cilengkrang Jadi Tersangka Penganiayaan, Pelayanan Desa Cilengkrang Harus OptimalKasus DBD di Tanjungsari-Sumedang Naik, Tercatat Dua Orang Meninggal

Penanaman dilaksanakan oleh   jajaran dan Ketua DWP UP Kantor SAR Bandung Sandra Deden beserta anggota.

Selain itu, kata Deden, kegiatan dihadiri oleh pihak TNI-Polri setempat, Dinas Lingkungan Hidup, Kalak BPBD Subang, Tagana Subang, Koordinator FKP3 Jawa Barat dan Potensi SAR Subang.

“Kegiatan yang kami lakukan diharapkan bisa berdampak positif bagi lingkungan sekitar, menciptakan ekositem yang baru, dan sebagai salah satu bentuk peduli terhadap mitigasi cuaca,” tuturnya.

Deden menjelaskan, Basarnas Bandung bersama-sama stakeholder terkait menanam 500 bibit pohon mangrove sebagi cikal bakal dan manfaat mangrove bisa terwujud, lingkungan pantai setempat jauh dari abrasi serta sedimentasi tidak terlalu cepat.

Apresiasipun datang dari berbagai pihak pecinta lingkungan terhadap kegiatan Basarnas. Dia berharap,kolaboras ini tidak sampai disini tapi juga berkelanjutan.

“Semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan menjadi nilai ibadah bagi semua yang terlibat,” ucapnya.

Adapun  HUT Basarnas ke 50 jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Basarnas melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya kompetisi olahraga, sarasehan, dan bakti sosial yang salah satunya adalah penanaman mangrove.

Baca Juga:Reka Ulang Penganiayaan yang Dilakukan Kades CIlengkrang dan Anggota DPRD Sumedang Berlangsung 4 JamKades Cilengkrang dan Anggota DPRD Sumedang Tersangka Penganiayaan Peragakan 78 Adegan

Tanaman mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi dan pengikisan kawasan pesisir pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup bagi biota laut dan satwa-satwa lainnya.

Tujuan kegiatan penanaman mangrove serentak ini untuk merehabilitasi kawasan pesisir, selain itu sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan dan ekosistem serta mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai arahan Presiden Republik Indonesia. (kos)

0 Komentar